Operasi Patuh Krakatau 2019, Polda Lampung Kerahkan 596 Personel

237

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam rangka cipta kondisi pasca keputusan hasil pilpres 2019 serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas untuk mewujudkan kamseltibcarlantas, Polda Lampung bersama jajaran dan instansi terkait menggelar apel gelar pasukan Operasi Patuh Krakatau 2019, Kamis (29/8/2018), di lapangan Mapolresta Bandar Lampung.

Kegiatan ini menandakan dimulainya Operasi Patuh Krakatau yang akan dilaksanakan selama 14 hari, tepatnya tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019, dengan cara penindakan penegakan hukum disertai kegiatan preemtif dan preventif secara selektif prioritas dengan melibatkan 596 personel Polda dan Polres jajaran.

Sasaran Operasi Patuh Krakatau kali ini antara lain pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar/SNI, pengemudi R4 yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi R4 yang melebihi batas maksimum kecepatan, pengendara kendaraan yang melawan arus, mabuk pada saat mengemudikan kendaraan, pengendara kendaraan yang masih di bawah umur, menggunakan HP pada saat mengemudikan kendaraan serta kendaraan yang menggunakan lampu strobo/rotator/sirine yang bukan peruntukannya.

Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Drs. Sudarsono, SH M.Hum sebagai pimpinan apel saat membacakan amanat Kapolda memberikan beberapa penekanan, yakni laksanakan tugas dengan ikhlas serta selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian, utamakan faktor keamanan dan keselamatan baik petugas maupun masyarakat dalam melaksanakan tugas, hindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri dan lakukan tugas operasi ini dengan baik dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sementara tujuan dan sasaran dari pelaksanaan operasi ini adalah dengan mengutamakan tindakan kepolisian di bidang lalu lintas represif 60 persen, preemtif 20 persen dan preventif 20 persen,” ujar Wakapolda.

Untuk diketahui, saat ini angka kecelakaan lalu lintas pada Operasi Krakatau 2018 sebanyak 22 kejadian, mengalami kenaikan dibanding periode tahun 2017. Sementara pada Operasi Krakatau tahun 2018 sebanyak 8 kejadian meninggal dunia dan luka berat sebanyak 24 orang.

Sementara jumlah pelanggaran lalu lintas pada Operasi Patuh Krakatau tahun 2018 sebanyak 19.603, menurun 17 persen dibanding tahun 2017 sebesar 23.750 lembar. Jumlah tilang tahun 2017 sebanyak 22.949 lembar dan 801 teguran. Sedangkan jumlah tilang tahun 2018 sebanyak 17.971 lembar dan  1.632 teguran.

Kegiatan apel dirangkai dengan penyematan pita secara simbolik bagi personel petugas operasi, juga penyerahan helm.

Dalam apel tersebut ikut dihadiri Sekda Provinsi Lampung, Korem 043/Gatam, Dan Lanal, Dan Lanud,  Danden POM, Kadis Perhubungan Kota Bandar Lampung, Sekda Kota Bandar Lampung, serta PJU Polda Lampung. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda