Operasi Patuh Kapuas Kepolisian Sekadau Dimulai

183

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Operasi Patuh Kapus akan dimulai Kepolisian Resort (Polres) Sekadau, Kamis (29/8/2019). Ditandai dengan upacara gelar Operasi Patuh Kapuas di halaman Mapolres Sekadau.

Selaku inspektur upacara Kasat Lantas AKP Laelan Syukur dan komendan upacara IPTU Erwan serta dihadiri tamu undangan dari unsur TNI, pemerintah daerah dan tamu undangan lainnya.

AKP Laelan Syukur yang menyampaikan amanat Kapolda Kalbar menegaskan, permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

“Ini sebagai konsekuensinya meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,” kata Laelan.

Dikatakan Laelan, sesuai amanat UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamtibcarlantas).

“Itu merupakan hal yang komplek dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang diterima dan dijalankan oleh semua pihak. Polri telah menetapkan kalender operasi patuh yang rutin dilaksanakan dengan sasaran prioritas,” sambung Lelan.

Adapun klaster dalam Operasi Patuh Polri 2019 seperti, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, melawan arus, menggunakan handphone saat berkendara, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol (mabuk), melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur, tidak menggunakan safety belt, dan menggunakan lampu rotator/strobo. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda