Nginap di Hotel Santika Radial Bisa Bayar Non Tunai dan Non Sentuh

32

PALEMBANG, BERITAANDA – Salah satu solusi untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19, Hotel Santika Radial Palembang mulai memberlakukan transaksi dengan sistem pembayaran non tunai dan non sentuh (cashless dan contactless) yang lebih dikenal dengan sebutan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard).

Public Relation Hotel Santika Radial, Siti Dewinta Anggraini mengatakan, QRIS merupakan aplikasi uang elektronik yang diluncurkan oleh Bank Indonesia sejak 17 Agustus 2019 lalu.

“Penggunaan QRIS juga dalam upaya mendukung program pemerintah untuk mengkampanyekan gerakan nasional non tunai (GNTT),” katanya, Jumat (30/10/2020).

Masih kata Anggi biasa ia disapa, Kehadiran QRIS juga memberi beragam manfaat dan keuntungan bagi masyarakat, seperti transaksi menjadi lebih sehat dan aman, tidak perlu lagi memberikan kartu kredit atau kartu ATM, serta tidak perlu memasukkan PIN atau Electronic Data Capture (EDC).

“Semua dapat dilakukan melalui ponsel masing-masing tanpa perlu bersentuhan dengan benda lain,” ujarnya.

Pelanggan terlebih dahulu menyiapkan aplikasi pembayaran yang sudah terdaftar/terstandarisasi QRIS untuk digunakan. Kemudian pihaknya akan melakukan transaksi pada mesin EDC. “Nantinya mesin EDC akan print struk yang akan menampilkan QRIS, sehingga pelanggan dapat melakukan scan dan melakukan pembayaran menggunakan aplikasi QR Code,” katanya.

Apabila pembayaran yang dilakukan berhasil, EDC akan mendapatkan konfirmasi keberhasilan transaksi dan mengeluarkan struk. Lalu EDC mengeluarkan struk bukti transaksi.

“Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan, Hotel Santika Radial Palembang mewajibkan penggunaan masker dan mengarahkan untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dilanjutkan pengecekan suhu tubuh, lalu menyemprotkan cairan disinfektan pada roda koper serta menyarankan untuk membersihkan telapak kaki di atas keset kaki yang telah dibasahi dengan cairan disinfektan, kemudian tamu diarahkan untuk mengeringkan telapak kaki pada keset kering,” ujarnya.

Hotel Santika Radial Palembang juga menerapkan physical distancing dengan memberikan tanda khusus di lantai, sofa, juga di meja makan. Agar tetap steril, semua prasmanan dilengkapi dengan sneeze guard dan staf kami akan membantu menyiapkan makanan dan minuman anda untuk mengurangi kontak langsung.

“Kami berharap dapat memberikan rasa aman dan mendukung seluruh kegiatan anda di hotel kami. Karena kenyamanan dan kesehatan anda adalah prioritasi kami,” tuturnya. (Ana)

Bagaimana Menurut Anda