MTQ Tingkat OKI Resmi Dibuka Langsung Bupati Iskandar

602

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Setelah melantik tim juri Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang kali ini digelar dan dipusatkan di Desa Pampangan Kecamatan Pampangan. Bupati OKI H Iskandar, SE bersama wakilnya HM. Dja’far Shodiq menabuh beduk tanda dibukanya kegiatan itu, Rabu (19/2/2020) sore.

Selanjutnya, selama 5 hari, terhitung hari ini (Rabu) hingga 24 Februari 2020 nanti, para qori dan qoriah bertempat di Pondok Pesantren Al Furqon Desa, akan ikuti babak demi babak hingga akhirnya dinobatkan menjadi pemenang lomba yang bertemakan ‘Syiarkan Alquran Sebagai Kitab Rahmatin Lil Alamin’ tersebut.

Hal ini salah satu diantara beragam cara yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI untuk memperkokoh syiar keislaman di tengah masyarakat. Menariknya kegiatan MTQ pada tahun 2020 ini justru berlangsung di wilayah kecamatan dan tidak dilakukan di pusat kota. Dimana diikuti oleh kafilah dari 18 kecamatan wilayah OKI.

Bupati OKI H Iskandar, SE saat membuka langsung kegiatan keagamaan tersebut mengatakan, kita syiarkan Alquran sebagai kitab rahmat bagi seluruh alam, agar rahmat-NYA itu senantiasa menaungi kita sebagai warga masyarakat Ogan Komering Ilir.

“Dalam MTQ ke-29 ini ada 18 kecamatan yang mengirimkan kafilah, guna melaksanakan dan menunjukan syiar keislaman. Kenapa kegiatan MTQ tidak digelar di pusat kota melainkan di pedesaan, hal ini agar semarak keagamaan terasa hingga desa-desa,” kata dia.

Ketika dibacakan lantunan ayat suci Alquran tadi, dirinya jadi teringat gebyar acara luar biasa, MTQ ini jadi kebanggaan umat Islam dan juga menunjukkan semakin kokohnya pribadi muslim. Kata dia lagi, selain itu juga berdampak pada sosial kemasyarakatan atas digelarnya kegiatan ini, termasuk dampak ekonomi bagi warga sekitar.

“Bukan sekadar seremonial atau rutinitas dilakukan setiap saat. Ada fungsi sosial dengan diinapkannya para kafilah di rumah-rumah warga serta dampak ekonomi bagi warga sekitar,” imbuh dia.

Mari gebyarkan MTQ di tahun selanjutnya. Masih kata dia, bukan hanya jadi juara melainkan silaturahim, kolaborasi, dan kebersamaan serta peningkatan kualitas keimanan yang akan dituju.

Ketua panitia penyelenggara sekaligus Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda OKI, Syamsudin, SH.i mengataka,n selain jadi ajang syiar Alquran, gelaran MTQ juga untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah di Kabupaten OKI.

“Sebagai tuan rumah tentu Kecamatan Pampangan merasa berbangga, bersama masyarakat kami akan sekuat tenaga melayani semua kafilah,” ujar dia.

Syamsudin juga berterimakasih atas dukungan dan peran kolaborasi serta silaturahmi dari semua pihak atas penyelenggaraan MTQ kali ini.

“Nilai kebersamaan persaudaraan muncul. Bahkan tahun ini dukungan dari berbagai sponsor dunia industri dan usaha berkolaborasi,” ujar dia.

Senada, Pimpinan Ponpes Al Furqon Pampangan KH. Khoiri HZ mengaku terhormat telah dipercaya sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten OKI tahun 2020.

“Kami akan berusaha memberi yang terbaik dan tentu menjadi tuan rumah yang baik pula,” tandasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda