Meski Jualan Rujak, Pria Lansia Ini Tampak Senang

52
Syaiful Anwar, pedagang rujak yang berjualan dengan gerobak dorong di area pemda lama.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Kita sebagai manusia hendaknya sering bersyukur dengan apa yang telah diberikan yang maha kuasa. Berumah tangga, mempunyai anak-anak yang lucu, ekonomi yang lebih baik serta kehidupan gemerlap duniawi lainnya.

Seperti yang dilakoni oleh pria lanjut usia bernama Syaiful Anwar asal daerah Kabupaten Lahat ini misalnya. Ceritanya patutlah menjadi inspirasi. Meski dengan usia tak muda lagi, pria yang hidup membujang alias belum berkesempatan beristri ini, tetap kuat dengan segala keterbatasan.

Setiap hari Bapak Syaiful berkeliling menjajakan rujak buatannya, berjalan kaki mendorong gerobaknya. Pria ini tampak kuat, meski terlihat terseok mendorong gerobak berisi dagangannya itu.

“Saya tingal di daerah Griya Cipta Utama, di depan Bank Sumsel. Setiap hari begitu pagi menjelang, saya berkeliling berjualan hingga sore, kadang mangkal di daerah KM 32, termasuk juga perkantoran Pemda Kabupaten Ogan Ilir yang lama, Kota Indralaya,” tuturnya, Rabu (16/9/2020).

Masih lanjutnya, sebelumnya di Kota Lahat, ia juga berjualan seperti itu, namun karena dirasa tidak mencukupi lalu hijrah ke Ogan Ilir.

“Sebelumnya saya tinggal di Lahat, namun agak kurang berpenghasilan disana. Alhamdullillah disini sedikit ada penambahan, meski hanya cukup untuk makan sehari-hari,” sambungnya.

Meski demikian, ia terus bersyukur meski berpenghasilan pas-pasan. Ia mengaku senang melakukan aktifitasnya dan tak merepotkan orang lain.

“Dengan hasil keringat sendiri seperti ini saya merasa bahagia pak, saya cuma bisa beraktifitas ini dan tak punya keahlian lain. Alhamdulillah jualan saya masih laku, meski juga kadang tidak habis. Saya jual rujak ini satu bungkusnya hanya Rp5.000, biasanya berikut modal saya bisa dapat uang Rp40 – Rp50 ribu,” tukasnya. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda