Menuju WBK, Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI Tinjau Lapas Kelas IIB Kayuagung

20

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI, Mien Usihen Ginting, didampingi Kadiv Administrasi Kemenkumham Sumsel, Rifqi Adrian, mengunjungi Lapas Kelas IIB Kayuagung, Jumat (16/4) siang.

Kunjungan tersebut dalam rangka pembinaan monitoring dan evaluasi terkait kesiapan dari segi fasilitas untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) 2021.

Mengawali kunjungannya, Mien Usihen dan Rifqi Adrian mengevaluasi dan melihat setiap bagian mulai ruang registrasi kunjungan, layanan informasi, ruang besuk, dan aula pertemuan di Lapas Kelas IIB Kayuagung.

Pasca tinjauannya, ia memberikan koreksi secara langsung perihal apa saja yang harus dibenahi, baik dari sarana dan prasarana, fasilitas dan SDM pelayanan publik demi kenyamanan kepada masyarakat sebagai penerima layanan.

“Secara umum apa yang dilakukan teman-teman Lapas Kayuagung sudah cukup baik, tetapi proses ini tidak boleh berhenti dan harus berjalan maka kami berikan masukan antara lain fasilitas bagi pengunjung disabilitas harus ditingkatkan. Kemudian untuk informasi-informasi layanan mulai dari alur, biaya, prosedur dan jam kunjungan agar lebih terinformasikan dengan baik kepada masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut, fasilitas yang disuguhkan di ruang kunjungan dinilai lebih kekinian, tidak kaku serta suasana ruangannya lebih manusiawi dan kekeluargaan.

“Saya sangat mengapresiasi ruangan yang sangat layak dengan adanya udara pendingin (AC) dan kursi tunggu yang nyaman. Selain itu juga disuguhkan minuman dan makanan gratis, bahkan setiap hari Jumat juga diadakan Jumat berkah,” jelasnya.

Diterangkan kembali, ruang kunjungan memang harus didesain sedemikian rupa agar pengunjung bisa merasa nyaman. “Layanan kunjungan ini beda dari pada yang lain, nuansa kekeluargaannya lebih kental,” terang dia.

Dalam kesempatan yang baik tersebut, Kalapas Kelas IIB Kayuagung, Reza Meidiansyah Purnama A.Md IP SH menyambut baik dan hangat atas kedatangan Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham beserta Kadiv Administrasi Kemenkumham Sumsel dan rombongan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi atas kehadiran dan kedatangan Ibu Min Usihen Ginting dan Pak Rifqi. Ke depan kami berjanji Lapas Kayuagung masuk dalam WBK di tahun 2021 ini,” jelasnya singkat. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda