Menko Polhukam Buka Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa di Bandar Lampung

348

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Acara peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Wiranto, dihadiri pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo beserta Forkopimda Provinsi Lampung, serta bupati/walikota se-Provinsi Lampung, bertempat di Gedung Bagas Raya, Bandar Lampung, Kamis (21/3/2019).

Gubernur Lampung Ridho Ficardo pada kesempatan tersebut mengatakan, dengan Undang-Undang  Nomor 6 tahun 2014 tentang desa telah memposisikan desa sebagai subyek pembangunan, bukan lagi sebagai obyek pembangunan. Dimana seluruh masyarakat desa beserta aparat pemerintah desa memiliki peran yang besar dalam melaksanakan pembangunan di desanya.

“Desa tidak hanya menjadi fokus pembangunan, tetapi juga sebagai perancang pembangunan sesuai dengan potensi dan kebutuhan di desa, untuk itu diharapkan desa dapat berperan aktif sebagai motor penggerak pembangunan Indonesia dari pinggiran,” ujar gubernur.

Dikatakan gubernur juga, bahwa dalam upaya peningkatan pembangunan di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, perlu mendapat perhatian secara khusus dan komprehensif. Berbagai program kegiatan dan pembangunan saat ini telah difokuskan dan diarahkan ke pedesaan. Hal ini dilakukan agar terjadi pemerataan program pembangunan di kabupaten/kota se- Provinsi Lampung.

“Pemerintah Provinsi Lampung mendukung dan mengapresiasi dana desa yang diperuntukan bagi seluruh desa di Indonesia, tanpa terkecuali Provinsi Lampung,” jelas gubernur lagi.

Kemudian diterangkan dia, dalam menyiapkan implementasi dana desa di Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan langkah-langkah antara lain, melaksanakan pelatihan training of trainner (TOT) pengelolaan keuangan desa bagi aparatur yang menangani dana desa, melaksanakan pelatihan pengelolaan aset desa dan keuangan desa bagi aparat desa.

“Melalui peningkatan aparatur pemerintah desa yang dilaksanakan hari ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dan sikap kepala desa dan perangkat desa dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa,” tegasnya.

Sementara itu Menko Polhukam Wiranto dalam arahannya mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat meningkat, seiring meningkatnya ekonomi di tingkat desa melalui pemanfaatan potensi-potensi desa.

Beliau mengungkapkan, dari tahun ke tahun sudah banyak peningkatan dana yang dikucurkan pemerintah pusat untuk desa. Hal itu, katanya, merupakan suatu bentuk perhatian pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Maju dan berkembangnya suatu bangsa ini juga tak terlepas dari peran pemerintah di tingkat desa,” pungkas Menko Polhukam. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda