Melati II Bisa Dijadikan Contoh Desa Lain di Sumut

375

SERGAI-SUMUT, BERITANDA – Tim Pengelola Kegiatan Kemitraan Desa Melati II Mhd Safrizal selaku inkubator dan Ketua Tim Pengelola Kegiatan Kemitraan (TPKK) Syahrul Dani beserta Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (PED) Tengku Fahrizal Husni beraudiensi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumatera Utara, Selasa (7/1/2020) lalu.

Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Dinas (Kadis) PMD Sumut Ir. H. Asfan Sofian, MM di ruang kerjanya.

Syahrul Dani menyampaikan, pengelolaan desa wisata tani di Desa Melati II mengedepankan kemitraan dengan masyarakat, mengedepankan produk unggulan desa (prudes). Juga terdapat beberapa lokasi wisata yang dapat dikunjungi serta tersedia home stay untuk para wisatawan.

“Pada bulan depan ada beberapa wisatawan dari dari luar negeri akan melakukan kunjungan dan field trip ke Desa Melati II berjumlah kurang lebih 150 orang, diantaranya mahasiswa dari Kuala Lumpur dan Serawak. Mereka juga akan menginap selama 3 hari,” kata dia dihadapan Kadis PMD.

Sementara Kadis PMD Sumut, Asfan Sofian, sangat mengapresiasi dan bangga atas capaian yang telah diraih oleh Desa Melati II dalam mewujudkan konsep wisata tani.

“Ini bisa menjadi contoh oleh desa-desa lain di Sumut dalam memanfaatkan potensi desa dengan inovasi melalui dana desanya,” jelas dia.

Asfan Sofian juga akan berkunjung ke desa wisata tani Melati II untuk melihat potensi yang telah dikembangkan. Ia berharap agar ini dapat terus ditingkatkan dalam menyonsong kesejahteraan masyarakat desa.

Saat ditemui, Kamis (9/1/2020), Kades Melati II Supardi mengatakan, bahwa desanya telah menerapkan konsep inovasi pariwisata yang terintegrasi antara pangan, pariwisata, dan kebudayaan (pataya), agar wisatawan yang berkunjung ke Melati II menjadi lebih berkesan dan dapat menikmati destinasi wisata tani.

“Apalagi para wisatawan bisa berkunjung ke wisata tani Panteng Kleset, wisata peternakan kambing etawa, pembuatan gula merah dari Limbah Sawit, pengolahan lipan yang sudah di ekspor ke mancanegara, wisata kebun Jeruk Petik Sendiri (JPS) dan wisata budaya Palungguhan Toh Joyo,” tambah dia.

Supardi juga mengatakan, tokoh Sumut yang juga mantan Gubernur Tengku Erry Nuradi, M.Si setelah menghadiri HUT Sergai ke-16 singgah ke wisata tani Panteng Kleset, sembari menikmati lokasi tersebut dengan mengenderai ATF yang telah disediakan untuk wisatawan. “Kemudian berkunjung ke objek wisata lainnya seperti Palungguhan Toh Joyo,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda