Media Punya Peran Vital dalam Pembangunan Daerah

160

TUBA-LAMPUNG, BERITAANDA – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulangbawang (Tuba) Nazaruddin menyebut media memiliki peran vital dalam pembangunan di suatu daerah.

Hal itu ia sampaikan saat memberi arahan kepada ratusan peserta workshop pendidikan dan sosialisasi undang-undang pers yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulangbawang di Hotel Le’Man Unit II Banjaragung, Rabu (20/11/2019).

“Peran media dalam membangun sebuah daerah sangat penting, terutama dalam hal pendidikan. Karena media dapat menjadi sumber acuan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang aktual, terpercaya, dan dapat dibuktikan kebenarannya,” kata Nazaruddin.

Melalui workshop, lanjut Nazaruddin, masyarakat dapat menilai mana pemberitaan dan info real atau info hoax. Informasi hoax merupakan musuh terbesar semua kalangan di era digital. Keberadaan teknologi yang semakin canggih memungkinkan hoax menyebar cepat melalui internet.

“Saya berharap dengan diadakannya acara ini, kepala sekolah yang hadir mampu menceritakan dan menanyakan pengalaman terhadap media yang selalu ditemui,” ujar dia.

Pantaun wartawan ini, antusiasme peserta untuk mengikuti workshop nampak terlihat di lokasi kegiatan. Bahkan, aula hotel yang sejatinya dipersiapkan untuk pelaksanaan kegiatan, tidak cukup untuk menampung jumlah peserta yang membludak.

“Alhamdulillah para kepala sekolah tingkat SD dan SMP serta ASN se-Tulangbawang sangat antusias untuk mendapatkan ilmu dan wawasan tentang tugas dan peran pers,” ujar ketua panitia pelaksana workshop, Alamsyah. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda