Martin Luther Harefa: Orang yang Telah Divaksin Covid-19 Tetap Harus Mematuhi Protokol Kesehatan

9

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Vaksin bukanlah senjata pamungkas yang bisa melenyapkan pandemi Covid-19 dalam waktu seketika. Vaksin hanyalah salah satu cara dari beberapa lainnya yang dibutuhkan untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias, Martin Luther Harefa, dalam pertemuan persiapan sekaligus sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nias, Kamis (4/2), bertempat di ruang serbaguna kantor Bupati Nias.

“Tingkat efikasi vaksin Covid-19 ikut berpengaruh terhadap cakupan populasi yang harus diimunisasi oleh pemerintah. Dengan hasil sementara uji klinis vaksin sinovac di Indonesia yang efikasinya sekitar 65 persen untuk melawan virus Covid-19. Untuk itu, kemungkinan adanya kasus seseorang terinfeksi Covid-19 setelah divaksinasi akan ada,” jelasnya kepada para peserta sosialisasi.

Menurutnya, vaksin Covid-19 hingga saat ini aman untuk digunakan karena sesuai data yang ada secara nasional orang yang divaksin belum ada yang mengalami efek samping serius. [Ganda]

Bagaimana Menurut Anda