Lapangan Tembak dan Dapur Nyonyah Resmi Berdiri di Lapas Kayuagung

104

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Lapangan tembak di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kayuagung (Lapaska) telah diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan, Indro Purwoko SH MH, Sabtu (28/8).

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sumsel yang akan pensiun 7 bulan lagi ini juga meresmikan dapur nyonyah di Lapas Kayuagung yang berada di samping perkantoran. Sementara untuk lokasi lapangan tembak berada di belakang mess pegawai.

Dijelaskan dia, pihaknya punya waktu 1,5 bulan lagi untuk menyiapkan 3 sniper terbaik guna mengikuti turnamen menembak antar Kanwil Kemenkumham se-Indonesia yang digelar di Jakarta.

“Hari ini kita gelar turnamen menembak tingkat Kanwil Kemenkumham Sumsel,” sambungnya.

Indro Purwoko menambahkan, 78 jumlah peserta kejuaraan menembak ini akan dipilih 3 sniper terbaik untuk dikirim ke Jakarta. Pesertanya merupakan pegawai di jajaran Lapas yang di bawah naungan pihaknya.

“Petugas Lapas harus memiliki kemampuan menembak,” tambah dia.

Karena diuraikannya pula, kemampuan bermanfaat untuk mengantisipasi gangguan keamanan yang berpotensi terjadi area Lapas. Seperti terjadinya narapidana yang anarkis, melarikan diri atau mengganggu keamanan yang mengancam keselamatan orang lain.

Kepala Lapas Kayuagung Reza Meidiansyah Purnama AMd IP SH menambahkan, pembangunan dapur nyonyah menggunakan dipa anggaran tahun 2021 yang bertujuan agar bermanfaat bagi para istri pegawai Lapas dan masyarakat umum.

“Ini dikelola oleh DWP Lapas Kayuagung yang memproduksi roti, es tebu, dogan, ayam geprek dan makanan lainnya,” rinci Reza.

Wujud sinergitas pihaknya dengan penegak hukum, kata dia, merupakan tujuan dibangunnya lapangan tembak yang juga menggunakan dipa tahun 2021. “Kami akan rutin bersinergi dengan Kodim, Polres dan Perbakin untuk latihan menembak,”janji dia.

Turut hadir dalam peresmian tersebut antara lain Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kapolres OKI, Kasdim 0402 OKI/OI, Ketua Perbakin OKI, Kepala Lapas se-Sumsel dan jajaran pegawai Lapas Kayuagung. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda