Lantik Kades Terpilih, Bupati OKI Minta Beri Pelayanan Sama

481

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) diwakili Wabup HM. Djakfar Shodiq melantik 8 calon kepala desa (cakades) terpilih pada pilkades serentak tahun 2019 di Desa Mangun Jaya Kecamatan Sirah Pulau (SP) Pandang OKI, Selasa (7/1/2020).

Shodiq meminta agar kades yang dilantik bisa merangkul semua lapisan masyarakat di desa tersebut, dan tidak membedakan pendukung maupun bukan pendukung pada pilkades lalu, serta diberikan pelayanan yang sama.

“Saudara dipilih oleh masyarakat, hadir dan beri pelayanan ke masyarakat,” kata Shodiq.

Shodiq meminta kepada para kepala desa (kades) yang sudah dilantik untuk segera melakukan rekonsiliasi dengan lawan dalam pilkades lalu.

“Agar pembangunan di desa dapat dilakukan dengan baik, segera konsolidasi dengan calon lain. Tidak membeda-bedakan pelayanan terhadap masyarakat, apakah pendukung dan bukan pendukung, semuanya memiliki hak yang sama dalam pelayanan publik,” kata dia.

Menurutnya, desa saat ini memiliki peran vital. Desa memiliki kewenangan sendiri dalam membangun.

“Kades memiliki wewenang penuh untuk mengembangkan pembangunan desa melalui seluruh potensi yang ada. Libatkan masyarakat,” ujar dia.

Meski demikian, Shodiq tetap mengingatkan agar kades segera menyesuaikan diri dan mempelajari seluruh ketentuan dan aturan tentang desa. Sehingga setiap kebijakan publik yang dikeluarkan akan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kedepankan musyawarah desa, tetap berhati-hati membelanjakan anggaran desa, taati peraturan dan mekanisme yang ada,” pesan Shodiq.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa, Hj. Nursula, S. Sos mengungkapkan, kepala desa yang dilantik pada hari ini merupakan kades terpilih pada pilkades serentak 2019 se-Kecamatan SP Padang.

Adapun kedelapan kades yang dilantik tersebut antara lain, Kepala Desa Mangun Jaya Herman, Kepala Desa Pantai Bambang Erawan, Kepala Desa Rengas Pitu Dandi Rislan, Kepala Desa Serdang Menang Dodi Yansen, Kepala Desa Penyandingan Surya Dinata, Kepala Desa Sukaraja Marwan, Kepala Desa Terusan Laut Fransel dan Kepala Desa Batu Ampar Baru Amirwan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda