Lampung Barat Menuju Satu Data

251

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Badan Pusat Statistik melaksanakan sosialisasi fasilitasi publikasi data strategi daerah, dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Maidar M.Si, di aula Pakuwon Bappeda, Senin (25/11/2019).

“Data strategi daerah pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan, sesuai dengan tupoksi bagi setiap organisasi pemerintah daerah. Kegiatan ini sebagai upaya untuk sinkronisasi data yang terdapat pada masing-masing OPD dengan data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik,” ungkapnya.

Kemudian, kata dia, dalam konteks pembangunan yang akuntabel, akurasi, dan validitas, data mutlak diperlukan. Untuk itu dalam mewujudkan pembangunan yang baik, akuntabel dan berkesinambungan sesuai dengan cita-cita dan harapan masyarakat Kabupaten Lampung Barat, maka perlu satu data dalam pembangunan.

“Ada tiga indikator untuk mengarahkan Lampung Barat satu data, indikator tersebut adalah satu sumber informasi data. Kemudian satu metadata, yaitu informasi terstruktur mengenai data, misalnya siapa yang membuat data, tahun pembuatan data, metode yang digunakan, variabelnya apa saja, sehingga nantinya memungkinkan tidak ada survei atau kegiatan pengumpulan data yang sama. Sedangkan yang ketiga adalah satu portal data, sehingga data-data yang dikumpulkan oleh seluruh OPD nantinya akan dikumpulkan dan dikompilasi oleh satu OPD,” pungkas dia menerangkan. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda