KPU Sosialisasikan Pencalonan Cabup-Cawabup Sekadau

128
Komisioner KPU Kabupaten dan Provinsi Kalbar dalam kegiatan sosialisasi. (BERITAANDA.NET)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau menggelar sosialisasi pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau tahun 2020, Kamis (6/2/2020).

Dalam kegiatan tersebut melibatkan unsur forkompinda, pengurus partai politik serta Komisioner KPU Provinsi Kalbar di mess pemda setempat.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban S.Pd mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan yang kedua kali digelar.

Dalam sosialisasi tersebut, dikatakan Saban, pihaknya juga mengundang instansi terkait, dengan tujuan adanya koordinasi dalam tahapan pencalonan.

“Tanggal 19 sampai 23 Februari 2020, KPU akan menerima penyerahan dukungan calon perseorangan,” tambah Saban.

“Sedangkan untuk masa pendaftaran calon dimulai bulan Juni, dan tanggal 8 Juli untuk penetapan calon bupati – wakil bupati. Kampanye dimulai 11 Juli sampai 19 September 2020, dan 3 hari masa tenang sebelum pemilihan,” tukasnya.

Komisioner KPU Provinsi Kalbar Bidang Teknis, Erwin Irawan S.Sos, M.Si, menyampaikan ucapan terimakasih kepada aparatur pemerintah, TNI-Polri, tokoh masyarakat dan warga Sekadau dalam pelaksanaan pemilu 2019 yang berjalan lancar, aman, serta tidak adanya gugatan.

Erwin menegaskan, bahwa dalam pencalonan perseorangan calon bupati – wabup harus sudah memenuhi batas minimal dukungan, baru bisa mendaftar sebagai calon di KPU.

“Juga perlu diperhatikan mengenai hak memilih masyarakat dalam pemilukada. Terutama mengenai pendataan pemilih serta penggunaan KTP elektronik untuk memberikan hak suara,” papar Erwin. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda