KPU Sekadau Laksanakan PSU, Pramono Tinjau Langsung

74

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pelaksanaan penghitungan suara ulang (PSU) di Kecamatan Belitang Hilir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau dimulai Senin (12/4) pagi. Kegiatan berlangsung dengan pengamanan ketat aparat TNI, Polri dan Sat Pol PP setempat.

PSU juga dihadiri Pramono Ubaid Tantowi selaku Komisioner KPU RI, Inspektur KPU RI Adiwijaya dan Komisioner KPU Kalbar serta KPU Sekadau sebagai pelaksanaan. Kegiatan tersebut juga mendapatkan pengawasan oleh Bawaslu Kalbar dan Sekadau.

Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi menjelaskan, bahwa PSU dilaksanakan KPU Kabupaten Sekadau sesuai perintah Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai hasil dari proses gugatan paslon.

“Dari amar putusan MK, KPU Sekadau merumuskan rencana kerja untuk gelar PSU ini, kemudian dikonsultasikan ke KPU Kalbar dan KPU RI serta berkoordinasi kepada Bawaslu, sehingga KPU Sekadau melaksanakan PSU dengan cara seperti ini, dilaksanakan langsung oleh KPU Sekadau,” beber Pramono di sela – sela kegiatan PSU.

Terkait teknis pelaksanaan penghitungan dengan panel, Pramono menjelaskan dengan demikian akan lebih efektif dan efisien. Selain itu juga mudah dikontrol dan mempermudah pengawasan pelaksanaan oleh pihak pengamanan dan Bawaslu.

Sejuah ini, Pramono menila perencanaan teknis PSU oleh KPU Sekadau cukup baik. Sosialisasi dan koordinasi kepada pihak – pihak kompeten juga dilaksanakan. “Hasil PSU ini akan ditampilkan dalam si rekap KPU, sehingga hasil ini akan diketahui masyarakat luas,” beber Pramono.

Ia menilai kecil kemungkinan akan adanya perubahan hasil penghitungan ulang setelah masuk dalam aplikasi si rekap. Hal ini juga berkenaan dengan hasil yang akan dibawa dalam rapat pleno perolehan suara masing – masing paslon di tingkat kecamatan dan kabupaten nantinya.

“Dengan prosedur yang baik oleh KPU Sekadau ini, kita memandang sebagai cara efektif mengantisipasi berbagai masalah dikemudian hari,” tukasnya.

Tak jauh berbeda dengan simulasi sebelumnya, PSU secara teknis dilaksanakan dengan menggunakan 4 panel di empat tenda di halaman kantor KPU Sekadau. Jalannya penghitungan juga dihadiri saksi – saksi kedua pasangan calon. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda