Khataman Ratusan Santri, Cetak Generasi Qurani Sejak Dini

130

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – 331 orang santri TK/TPA Alquran tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melaksanakan khataman Quran yang digelar Pemerintah Kabupaten OKI melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah, bertempat di Kampus MAN IC OKI, Selasa (19/9/2023).

Bupati OKI melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Asmar Wijaya M.Si mengatakan, pembinaan keagamaan memiliki peran yang fundamental untuk membentuk generasi penerus yang berkualitas, profesional dan berbudi pekerti luhur.

“Kegiatan khataman ini dapat menjadi bekal bagi para santri dan diharapkan untuk senantiasa membaca dan murojaah bacaan Alquran. Ini awal ananda semua untuk menjadi umat terbaik dan kedepannya bisa memberikan manfaat bagi sesama,” kata Asmar.

Asmar mengungkapkan, ada perasaan haru sekaligus bangga dengan para santri yang telah menuntaskan bacaan Alqurannya.

“Selamat kepada anak-anak ku disini yang telah mengkhatamkan bacaan Alqurannya. Rajinlah ibadah dan teruslah belajar,” imbuhnya.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Kabupaten OKI Syamsudin S.Hi menyampaikan, ada 331 orang santri yang mengikuti khataman Alquran tingkat Kabupaten OKI tahun 2023.

“Keberhasilan 331 orang santri tidak lepas dari peran serta 3.800 ustadz dan ustadzah di seluruh desa dalam wilayah OKI yang sudah terregister hingga mampu melahirkan generasi cinta Alquran,” terangnya.

Sementara itu, Duta Literasi OKI M. Alki Iskandar menambahkan, budaya literasi memang sudah harus dibiasakan sejak dini.

“Berliterasi harus kita biasakan sedini mungkin, salah satu contohnya literasi beragama. Budaya membaca Alquran untuk mencetak generasi Quran yang cerdas dan berbudi luhur,” ungkapnya.

Alki juga mengajak seluruh santri, para ustadz dan ustadzah serta seluruh pihak untuk terus membudayakan literasi beragama dan bersinergi untuk kebaikan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda