Ketua PDBI Lamsel Apresiasi Atlet Marching Band Berprestasi di Tingkat Nasional

314

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mengapresiasi atlet marching band utusan Lamsel yang berhasil meraih juara umum kedua pada kejuaraan nasional (kejurnas) Batavia Marching Band Competition yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 3 November 2019.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum PDBI Kabuaten Lampung Selatan yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Lamsel Hj. Winarni Nanang Ermanto saat menerima silaturahmi unsur pengurus PDBI bersama sejumlah atlet marching band SMPN 1 Kecamatan Katibung di rumah dinas bupati setempat, Selasa (5/11/2019).

“Tentunya sebagai Ketua Umum PDBI Kabupaten Lampung Selatan saya sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada drum band SMPN 1 Kecamatan Katibung yang telah mewakili Lamsel dan berhasil menjadi juara di kancah nasional,” ungkap Winarni.

Meskipun hanya berada diposisi kedua, Winarni cukup puas dengan raihan yang dicapai atlet drumband dari SMPN 1 Katibung. Mengingat persiapan dan pembinaan yang dilakukan pihaknya dirasa belum maksimal, karena kepengurusan PDBI yang baru terbentuk beberapa waktu lalu.

“SK turun itu sebelum Idul Fitri, dan pelantikan baru dilaksanakan setelah Idul Adha. Artinya, baru beberapa bulan saja dengan koordinasi dan pembinaan semaksimal mungkin kita bisa meraih juara. Mudah-mudahan ini (prestasi) bisa menjadi motivasi dan penyemangat unit-unit drumband yang lainnya,” ujarnya.

Disamping itu, Winarni juga berharap akan lahir lebih banyak lagi unit-unit drumband yang akan mengharumkan nama Kabupaten Lampung Selatan ditingkat nasional. Sebab, dia menilai, Lampung Selatan memiliki banyak unit drumband yang sudah meraih juara di berbagai event baik di level provinsi maupun Sumbagsel bahkan hingga luar daerah Lampung Selatan.

“Kedepan pastinya kita lebih ditingkatkan lagi pembinaannya. Karena kemarin kan kita baru terbentuk, namun tahun depan sudah kita anggarkan untuk pembinaannya. Bahkan kita juga sudah anggarkan alat untuk unit drumband kita sendiri, supaya nanti kita bisa mencetak atlet-atlet yang akan mewakili Kabupaten Lampung Selatan di kancah nasional,” tandasnya.

Sementara, Ketua Harian PDBI Lampung Selatan, Nursyamsi HZ, S.Ag, M.Pd.I mengatakan, capaian prestasi itu diraih berkat dukungan Ketua Umum PDBI Lampung Selatan yang selalu mensuport dan turun langsung memberikan pembinaan.

“Target kita memang masuk tiga besar. Dan alhamdulillah, meskipun di usia yang masih prematur, PDBI Lampung Selatan bisa meraih juara umum kedua di tingkat nasional,” kata Nursyamsi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, setelah mengikuti kejurnas Batavia Marching Band Competition di Jakarta pada hari Ahad 3 November 2019, utusan Marching Band Kabupaten Lampung Selatan meraih juara umum kedua dengan raihan diberbagai kategori.

Dia menyebut, untuk lomba konser, seperti juara 3 kostum, juara 6 color guard, juara 3 pilcomendor, juara 2 eksembel, juara 4 akustik, dan juara 6 teknik. “Atas raihan ini kita menempati peringkat keempat kategori konser,” ungkapnya.

Sedangkan untuk lomba display, raihan yang dicapai yakni, juara 1 mayoret, juara 2 kostum, juara 1 pilkomemder, juara 2 display, juara 2 ensamble, juara 2 jendral efek, juara 2 perkus, dan juara 2 colour guard.

“Untuk display kita meraih peringkat kedua. Sehingga kita berhasil meraih juara umum kedua secara keseluruhan,” pungkasnya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda