Kembangkan Program Swadaya, Gojek Rangkul Keluarga Mitra Untuk Lebih Berdaya dan Produktif

255

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Gojek menggelar program swadaya yang berisi kegiatan pelatihan kewirausahaan dan kelas memasak yang ditujukan bagi para istri mitra driver GoRide dan GoCar.

Program ini merupakan suatu langkah awal yang dikembangkan Gojek untuk terus meningkatkan keberlangsungan pendapatan mitra dan keluarganya melalui ekosistem Gojek.

Di wilayah Sumatera bagian selatan, program ini dilaksanakan serempak di Lampung, Palembang, dan Batam.

Vice President Gojek wilayah Sumbagsel, Erika Agustine mengatakan, sebagai super-app pilihan utama masyarakat Indonesia, Gojek terus memberikan solusi bagi semua pihak yang ada di dalam ekosistemnya untuk hidup lebih baik.

“Fokus kami pada kesejahteraan mitra tidak hanya terbatas pada inovasi platform saja. Kami percaya bahwa keluarga mitra memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan cara menambah wawasan kewirausahaan dan juga keterampilan memasak, maka dari itu kami meluncurkan program swadaya Gojek,” kata dia.

Erika juga menjelaskan, bahwa setelah menjalani pelatihan, Gojek juga langsung mendaftarkan para istri mitra ke dalam ekosistem GoFood dan GoPay.

Kegiatan pelatihan memasak dan kewirausahaan tahap pertama di Lampung dimulai pada tanggal 17 Januari 2020. Sementara beberapa hal yang menjadi keunggulan dari program swadaya tersebut diantaranya adalah, kapasitas pengajar hingga kesempatan untuk mengembangkan usaha dengan berbagai dukungan yang maksimal.

“Selain memberikan pelatihan dan memonitor perkembangan usaha para istri mitra selama tiga bulan, Gojek juga turut aktif mendukung dengan memberikan modal awal, pendampingan selama tiga bulan, hingga membuatkan promo banner dalam aplikasi GoFood,” tambah Erika.

Erika juga menjelaskan, Gojek berharap dengan mengikutsertakan usaha kuliner para istri mitra dalam ekosistem GoFood adalah teknologi kami bisa membantu mereka dalam lingkup mengembangkan skala bisnisnya.

“Tren positif ini terlihat dari para partner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung dengan GoFood secara nasional, termasuk di Lampung rata-rata mengalami peningkatan omzet 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung,” jelasnya.

Keseriusan Gojek menjalankan program swadaya juga diwujudkan dengan pemilihan pihak yang digandeng sebagai pengajar bagi peserta pelatihan.

Untuk materi kelas memasak misalnya, Gojek menggandeng Chef Agus Setiawan yang akan membagikan teknik memasak berikut resep-resep yang bisa dicontoh oleh peserta pelatihan.

“Dalam sesi pelatihan ini, saya berharap teknik yang saya ajarkan bisa menjadi bekal bermanfaat bagi peserta. Dan resep yang diajarkan juga bisa dikembangkan lagi sesuai dengan selera dan keterampilan para peserta. Karena saat ini sektor kuliner sangat potensial untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan, apalagi bagi ibu-ibu yang ingin mendapat penghasilan tambahan tetapi juga tidak mengeyampingkan keluarga,” ujar Chef Agus.

Salah satu peserta, Dewi Savina, menyambut positif pelatihan terintegrasi yang digagas Gojek ini.

“Sebagai perempuan, kami tentunya ingin bisa berperan lebih dalam kesejahteraan keluarga. Dengan keterampilan tambahan yang diajarkan, saya pribadi tidak sabar untuk bisa segera menerapkannya dengan harapan bisa mendapat penghasilan tambahan yang bisa menopang kebutuhan keluarga,” kata dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda