Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Provinsi Lampung Kunjungi Kabupaten Lamsel

9

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Provinsi Lampung melakukan kunjungan silaturahmi ke Kabupaten Lampung Selatan.

Rombongan yang dipimpin Ketua Pokjaluh, Muhadjib Ali, S.Ag., M.M., disambut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Lampung Selatan Drs. A Kholil, di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Kamis (28/10).

Nampak hadir juga, Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan H. Jamhuri, S.Ag., MM, serta jajaran pengurus Pokjaluh dan FKPAI Lampung Selatan.

Ketua Pokjaluh Agama Islam Kabupaten Lampung Selatan Agus, S.Ag., M.M., mengucapkan selamat datang kepada pengurus Pokjaluh Provinsi Lampung di Bumi Khagom Mufakat.

“Mudah-mudahan kehadiran bapak ibu pengurus Pokjaluh ini akan membawa hikmah yang baik untuk Kabupaten Lampung Selatan dan juga segenap penyuluh. Baik penyuluh fungsional maupun penyuluh non PNS di Lampung Selatan,” harapnya.

Agus juga melaporkan terkait dengan jumlah kepengurusan Pokjaluh Agama Islam di Lampung Selatan. Dimana, Penyuluh Agama Islam Fungsional terdapat 8 orang. Sedangkan, Penyuluh Non PNS sebanyak 158 orang yang telah tersebar di seluruh kecamatan dan desa.

“Itu menyebar di kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, kemudian juga menyebar di desa-desa. Ada yang 1 penyuluh agama non PNS mempunyai tanggung jawab 2 hingga 3 desa, karena dibagi sesuai rasio desa masing-masing,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Pokjaluh Provinsi Lampung, Muhadjib Ali mengatakan, tujuan dari Pokjaluh adalah menjaga kerukunan umat beragama melalui dakwah atau penyuluhan, sehingga terbentuk masyarakat yang aman dan tentram.

“Dengan hadirnya penyuluh ini, insya Allah Kabupaten Lampung Selatan selalu dalam keadaan aman, tentram. Aamiin ya robbal alamin,” katanya.

Dikesempatan itu, Muhadjib juga mengapresiasi kinerja dari Pokjaluh di Kabupaten Lampung Selatan. Mulai dari kekompakan tim hingga prestasi yang telah dicapai para penyuluh.

“Alhamdulillah, penyuluh di Kabupaten Lampung Selatan sudah cukup kompak, sudah cukup bagus,” tuturnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Lampung Selatan, A Kholil berharap kunjungan silaturahmi tersebut dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara Pokjaluh Agama Islam Provinsi Lampung dengan Pokjaluh Agama Islam Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya harap kunjungan silaturahmi ini bukan saja untuk mensinergikan program kerja Penyuluh Agama Islam Provinsi Lampung. Tetapi yang lebih penting adalah semakin eratnya hubungan silaturahim antar Pokjaluh Agama Islam,” ujar Kholil.

Menurut Kholil, selama ini para penyuluh agama telah banyak memberikan sumbangsih pemikiran, baik berupa ide maupun gagasan guna meningkatkan pemahaman agama Islam kepada masyarakat luas.

Oleh karena itu, dirinya sangat mendukung setiap program kerja yang dilakukan oleh para penyuluh agama. Terlebih, hal tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat.

“Dengan terselenggaranya kunjungan silaturahim ini kita dapat saling bertukar informasi, terutama yang berkaitan dengan program kerja Pokjaluh. Baik itu Pokjaluh Agaka Islam Provinsi maupun Pokjaluh Agama Islam Kabupaten,” katanya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda