Kasal: Tempa Diri Kalian Hingga Jiwa dan Ragamu Sekeras Baja

11

MALANG-JATIM, BERITAANDA – Tempa diri kalian hingga jiwa dan ragamu sekeras baja, berlatih dan berlatihlah terus tanpa lelah, seperti pasir yang selalu menyongsong kerasnya deburan ombak. Kalimat tersebut ditegaskan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM pada upacara pembaretan Tamtama Remaja Angkatan XL/1 Korps Marinir tahun 2020 di Pantai Baruna Kondang Iwak Malang Selatan, Selasa (9/3).

Kegiatan diawali kedatangan Kasal beserta rombongan pejabat utama Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) dan disambut langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono. M.Tr (Han) yang didampingi pejabat utama Mako Kormar.

Di pagi buta yang sunyi diiringi suara deburan ombak di Pantai Baruna Malang Selatan yang dilanjutkan dentuman suara TNT mengawali jalannya rangkaian upacara pembaretan Tamtama Remaja Prajurit Petarung Korps Marinir, mulai dari penghormatan pasukan, pengucapan janji prajurit Korps Marinir, amanat inspektur upacara dan doa.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut menyampaikan rasa bangga bercampur rasa bahagia, karana berkesempatan hadir secara langsung melihat lahirnya prajurit-prajurit remaja yang merupakan sosok prajurit tangguh berat ungu Korps Marinir TNI AL.

Lebih lanjut orang nomor satu di TNI AL tersebut menyampaikan bahwa pembaretan yang kita saksikan pada pagi hari ini bukanlah sekedar rangkaian seremonial semata.

“Pembaretan prajurit remaja Korps Marinir adalah salah satu implementasi pembinaan personel Korps Marinir dari aspek kultural atau tradisi, sehingga membuktikan bahwa Angkatan Laut sangat serius dalam membangun kekuatan matra laut menjadi lebih profesional, modern dan tangguh,” tegas Kasal.

“Tercapainya kekuatan laut yang siap dioperasikan (operational ready force) bertumpu pada empat elemen kekuatan sistem senjata (SSAT) yang terdiri dari kapal, pesawat udara, pasukan pendarat Korps Marinir dan pangkalan. Kedasyatan keempat elemen tersebut bagaikan empat penjuru mata angin yang siap kapan saja memporak porandakan kekuatan musuh yang mengancam kedaulatan NKRI,” ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

“Banggalah kalian menjadi prajurit Korps Marinir, menjadi Marinir adalah pilihan kata hati, menjadi Marinir adalah kehormatan dan kebanggaan, menjadi Marinir harus siap dipanggil dan ditugaskan disetiap palagan bumi pertiwi, karena bangsa dan negara ini juga bangga pada kalian. Bumi pertiwi ini hanya punya satu jawaban bila membutuhkan kirim Marinir,” pungkas beliau.

Hadir dalam upacara tersebut pengamat militer Ibu DR. Connie R Bakrie, M.Si, pejabat utama Mabesal, Pangkotama Wilayah Surabaya, Forkopimda Kota Malang, serta Kepala Perhutani Wilayah Malang. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda