Kapolda Kukuhkan Pasukan Respon Cepat Satbrimob Polda Sumsel

7

PALEMBANG, BERITAANDA – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto MH secara resmi mengukuhkan empat kompi pasukan respon cepat Satbrimob Polda Sumsel sebagai power on hand Kapolda, Rabu (25/5).

Kapolda mengatakan sesuai amanat UUD 1945 bahwa Polri sebagai alat negara, dimana Polri dalam fungsi pemerintahan negara bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta terbinanya ketentraman masyarakat.

“Kegiatan upacara pengukuhan pasukan respon cepat Satbrimob Polda Sumsel merupakan tindak lanjut dari hasil rakernis korps Brimob Polri, dimana Bapak Kapolri menekankan bahwa pasukan korps Brimob Polri harus menjadi teladan tidak hanya bagi masyarakat, akan tetapi juga untuk seluruh anggota Polri, salah satunya mengenai urusan kedisiplinan nasional seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapim TNI-Polri tahun 2022,” ungkapnya.

Kapolda Sumsel menjelaskan kehadiran Brimob ini sangat diperlukan untuk menghentikan dan mencegah terjadinya konflik lanjutan, yang dalam penanganannya harus memperhatikan asas legalitas, proporsionalitas, nesesitas dan akuntabilitas serta menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Saya berharap kepada seluruh personel jajaran Satbrimob Polda Sumsel untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan personel untuk menjawab tantangan tugas yang kita emban, khususnya dalam memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. Jangan ada gangguan keamanan sekecil apapun, terlebih yang dapat menarik perhatian dunia,” tegas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda