Kangen Band Siap Meriahkan Launching Pilkada OKI 2024

98

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Kangen Band akan hadir di Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan pada Rabu (12/4/2024) besok sekira pukul 19.00 WIB.

Band papan atas tersebut hadir untuk meriahkan puncak acara launching peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan oleh KPU OKI di halaman GOR Perahu Kajang Kayuagung.

Ketua KPU OKI Muhammad Irsan menjelaskan, pelaksanaan launching atau peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 ini merupakan bagian dari sosialisasi dan bentuk kegiatan untuk peningkatan partisipasi masyarakat secara langsung.

“Launching atau peluncuran pada tahapan Pilkada tersebut merupakan kegiatan yang lumrah dan kerap dilaksanakan oleh setiap KPU Kabupaten/Kota dengan metode atau tata cara pelaksanaan yang berbeda, menyesuaikan dengan kearifan lokal setempat,” jelas dia, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini dimulai, kata dia, ditandai oleh KPU RI yang melaksanakan kegiatan serupa dengan tajuk peluncuran tahapan dan hari pemungutan suara Pilkada serentak tahun 2024 di Candi Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta pada 31 Maret 2024, yang selanjutnya diikuti oleh KPU Provinsi/Kabupaten/Kota, terutama dalam wilayah Sumatera Selatan.

“Seperti launching pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode tahun 2024-2029 yang digelar di kantor KPU Sumsel pada tanggal 5 Mei 2024, dengan mengundang grup band papan atas, Padi,” ungkap dia.

Serta launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuasin di Alun-Alun Kota Pangkalan Balai pada 1 Juni 2024 lalu dengan bintang tamu artis nasional, Andika Mahesa. Kemudian peluncuran pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang di Stadion Atletik 1 Jakabaring Sport City pada 3 Juni 2024 dengan mengundang grup band Armada.

Lalu, hal yang sama terjadi di peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muara Enim di GOR Pancasila Muara Enim pada 7 Juni 2024, dimana dengan mengundang band Five Minutes.

“Dan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir pada 4 Juni 2024 dengan bentuk kegiatan tabligh akbar dan doa bersama. Serta peluncuran pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau pada 9 Juni 2024 dalam bentuk kegiatan jalan sehat,” terang dia.

Selain dengan peluncuran atau launching Pilkada serentak tahun 2024, pada kegiatan itu juga sekaligus memperkenalkan maskot dari daerah masing-masing.

“Kegiatan ini juga merupakan gambaran tentang demokrasi sebagai pesta rakyat, sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat menaikkan perekonomian warga sekitar. Oleh sebab itu, KPU OKI menyampaikan bahwa kegiatan launching Pilkada serentak tahun 2024 merupakan tahapan yang lazim dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat,” tandas dia.

Lanjutnya menerangkan, anggaran kegiatan tersebut sudah sesuai dengan hibah Pilkada dari Pemkab kepada KPU OKI.

“Itu artinya, kami akan terus bekerja secara profesional dan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan akuntabel dalam pengelolaan setiap kegiatan,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda