Jumat Bersih di Pasar Masuka, Kapolres dan Sekda Sintang Turun Lapangan

546

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi menggagas dan memimpin pelaksanaan kegiatan Jumat bersih di Pasar Sayur Masuka, Jumat (11/1/2019) pagi.

Kapolres Sintang yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah dihadapan ratusan petugas yang mendukung pekaksanaan Jumat bersih menyampaikan bahwa, kegiatan Jumat bersih memang perlu dilakukan.

“Hari ini Jumat bersih kita laksanakan di Pasar Sayur Masuka, minggu depan bisa ditempat lain yang kita anggap perlu dilakukan kegiatan bersih-bersih,” ungkap Hariadi.

Kegiatan ini menargetkan sampah dan saluran air. Tujuannya dinilai sangat bagus, yakni agar lokasi pelaksanaan Jumat bersih menjadi lebih nyaman, bersih dan enak dilihat.

“Saya menghimbau agar para pedagang buang sampah jangan sembarangan,” pesan Kapolres.

Kapolres juga mengajak agar masyarakat menjaga lingkungan, dikarenakan jika hujan bisa menjadi penyebab terjadinya banjir.

“Saya mengajak kepada seluruh peserta Jumat bersih untuk kompak dan semangat. Kerja yang ikhlas ambil sampah, dan kesadaran harus tinggi,” terang Kapolres Sintang.

Senada dengan Kapolres, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah juga mendukung pelaksanaan Jumat bersih.

“Saya sangat setuju dengan Bapak Kapolres, pasar harus bersih. Jika bersih, maka pasar menjadi tempat belanja yang enak. Pasar menjadi tempat kita belanja makanan, maka harus bersih,” terang Yosepha Hasnah.

Disela-sela kegiatan Jumat bersih, Yosepha Hasnah menegaskan akan mengagendakan pelaksanaan Jumat bersih dua minggu sekali.

“Pelaksaanan Jumat bersih ini sebenarnya untuk menggugah masyarakat, baik pedagang maupun yang berbelanja untuk selalu menjaga lingkungan pasar ini supaya tetap bersih. Untuk selanjutnya kita akan susun jadwal yang resmi,” terang Yosepha.

Untuk mendukung kegiatan Jumat bersih tersebut, sekda yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Akhmad Darmanata langsung meninjau lokasi pembangunan gudang sampah non organik dan lokasi penempatan kontainer sampah organik.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Sintang Kompol Anhar Zubaedi menjelaskan, kegiatan Jumat bersih tersebut didukung 340 anggota yang berasal dari Polri, TNI dan ASN serta honorer di Pemkab Sintang.

“Dari TNI ada 42 orang, Polri 66 orang, Damkar 16 orang, BPBD 10 orang, Disperindagkop dan UKM 68 orang, Dishub 10 orang, Satpol PP 25 orang, Dinas Kebersihan 64 orang, Disdukcapil 4 orang, Dinas Kesehatan 30 orang, dan Inspektorat 5 orang,” terang Kompol Anhar Zubaedi.

“Untuk pelaksanaan Jumat bersih kali ini kita akan menyasar 4 lokasi yang ada di Pasar Masuka. Untuk mempermudah pembagian kelompok, kita sudah bagi 340 orang ini ke dalam empat kelompok sesuai tujuan lokasi kita. Adapun ke empat lokasi yang akan kita bersihkan adalah jalan masuk ke pasar, jalan keluar pasar, bagian belakang ruko atau pasar dan bagian dalam pasar. Saya hanya berharap semua yang terlibat bisa bekerja dengan ikhlas tanpa diawasi,” terang Kompol Anhar Zubaedi. (Arni/Humas Pemkab Sintang)

Bagaimana Menurut Anda