Jelang Puncak Sail Nias, Pangdam I/BB Kunker ke Gunungsitoli

288

NIAS- SUMUT, BERITAANDA – Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI MS. Fadhilah beserta istri dan seluruh rombongan melaksanakan ramah tamah, dalam rangka kunjungan kerja (kunker) di Kepulauan Nias menjelang pelaksanaan kegiatan puncak Sail Nias pada tanggal 14 September 2019 mendatang, bertempat di Pendopo Kabupaten Nias, Rabu (11/9/2019).

Arosokhi Waruwu dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa terimakasih yang tinggi atas kunjungan Pangdam di Kepulauan Nias saat ini.

Beliau berharap agar kunjungan ini merupakan bentuk perhatian khusus yang akan terus berkelanjutan, terlebih agar dapat mempertimbangkan penambahan pembentukan satuan teritorial Komando Distrik Militer di masing-masing wilayah di Kepulauan Nias, untuk penguatan keamanan demi menjaga dan memelihara keutuhan NKRI.

Mewakili Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua juga menyampaikan rasa kegembiraan dan kebanggaan tersendiri atas kunjungan Pangdam I/BB di Kepulauan Nias ini, sebagai bentuk dukungan atas pelaksanaan Sail Nias guna upaya promosi kepariwisataan Kepuluan Nias, baik secara nasional maupun internasional.

Walikota menyampaikan eskpos tentang kondisi Kepulauan Nias, baik secara teritorial, sosial budaya dan masyarakat, yang selama ini kekompakan dan persaudaraan telah terjalin dan senantiasa terjaga di Kepulauan Nias. Sembari meminta dukungan dan doa agar Kepulauan Nias tetap terhindar dari hal-hal yang berpotensi merong-rong persatuan dan kesatuan.

Mewakili masyarakat Nias, ia kembali mengajak para rombongan untuk berkenan melihat-lihat sejenak kondisi sekitar Kota Gunungsitoli. Terlebih sedang diadakannya Festival Kopi Nusantara di pusat jajanan malam Kota Gunungsitoli yang letaknya tak jauh dari lokasi ramah tamah yang diadakan saat ini.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah dalam arahannya mengajak elemen pemerintahan, TNI, dan seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kedaulatan, melindungi seluruh warga dan menjaga keutuhan NKRI, dalam rangka mencapai tujuan nasional.

Beliau meminta agar seluruh pemerintah kabupaten/kota bersama dengan forkopimda menjaga sinergitas untuk mencapai kemakmuran bersama.

“Di sisi lain, sebagai para orang tua hendaknya kita seluruhnya bahu-membahu menjaga anak-anak dan generasi muda agar tidak terpapar dari perilaku penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya, yang mana saat ini tengah marak beredar di Indonesia dan telah ditemukan 83 jenis narkoba,” tegas dia.

Beliau sangat berharap agar generasi muda tidak terpengaruh pada hal sedemikian, maupuan perilaku negatif lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan, perpecahan di tengah masyarakat dan NKRI yang kita cintai ini.

Dalam kesempatan ini, Pangdam juga memuji keindahan Pulau Nias yang unik dengan kekhasan tersendiri yang tidak ditemukan di daerah lain, termasuk budaya dan kekayaan alam yang dimiliki.

Beliau meminta agar keindahan dan kekayaan alam ini hendaknya didukung dengan pelayanan dan keramah-tamahan masyarakat, serta dapat memberikan rasa nyaman bagi siapa saja yang berkunjung ke Pulau Nias, untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki, sehingga Kepulauan Nias yang indah ini menjadi destinasi wisata dunia yang dirindukan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, yang dapat berdampak positif bagi masyarakat sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Usai pemasangan baju adat Nias secara resmi oleh Walikota Gunungsitoli didampingi kepala daerah se-Kepulauan Nias, Pangdam dan seluruh rombongan diajak untuk melihat lokasi pembangunan jalan di area Kodim 0213 Nias. Kemudian menuju pusat Festival Kopi Nusantara yang digelar di pusat jajanan malam Kota Gunungsitoli dengan berjalan kaki.

Turut hadir dalam kegiatan ini wakil bupati dan sekretaris daerah se-Kepulauan Nias, Wakil Bupati Sulawesi, Forkopimda Kota Gunungsitoli, Kepala BNN Kota Gunungsitoli, anggota DPRD Kota Gunungsitoli, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda