Jalan Sediok Langganan Banjir, BPBD Ingatkan Potensi Longsor di Nanga Taman dan Mahap

242
Kondisi ruas jalan Sediok - Balai Sepuak yang tergenang banjir. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Sekadau menyebabkan sejumlah daerah dataran rendah harus waspada bencana banjir.

Seperti yang terjadi hari ini, Sabtu (8/6/2019), banjir merendam ruas jalan Sediok – Balai Sepuak Kecamatan Belitang Hulu.

“Sejak pagi, air sudah merendam jalan Sediok, tapi warga masih bisa lewat jalan itu,” ujar Jang, salah seorang warga Kecamatan Belitang Hulu kepada BERITAANDA.

Jang menyatakan, ruas jalan yang terendam banjir tersebut disebabkan luapan air Sungai Sediok dan Sepuak yang berdekatan dengan ruas jalan tersebut. Sedangkan ketinggian air yang merendam kurang lebih 10 Cm sampai dengan 30 Cm, dengan ruas jalan yang tergenang mencapai 200-an meter.

“Sampai sore ini masih banjir, kalau ditimpa hujan lagi, tambah ketinggian air,” kata Jang.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui sekretaris Edi Prasetyo S.Sos M.Si mengakui ruas jalan Sediok-Balai Sepuak memang sering tergenang banjir.

“Sudah langganan banjir jalan itu,” kata Edi.

Ia mengingatkan masyarakat di daerah perbukitan, khususnya di Kecamatan Nanga Mahap dan Nanga Taman, agar mewaspadai potensi tanah longsor dari daerah perbukitan di sekitaran dua kecamatan tersebut.

“Terutama Kecamatan Nanga Taman yang dulu pernah dilanda banjir bandang di Dusun Nuak, akibat bukit yang longsor dan ada keretakan,” terang Edi. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda