HPN ke-74, Puluhan Warga Sekadau Donorkan Darah

191
Para pendonor darah yang memberikan darah untuk ditampung di RSUD Sekadau, dalam rangka HPN ke-74 tahun 2020. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Sejumlah masyarakat Sekadau dari berbagai unsur mendonorkan darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Sekadau. Mereka secara suka rela memberikan darah untuk ditampung dan disalurkan kepada yang membutuhkan.

Pemberian darah ini berlangsung di Betang Yout Center, dalam rangka memenuhi undangan panitia Hari Peringatan Pers Nasional (HPN) ke-74 di Kabupaten Sekadau.

Secara seremoni, kegiatan ini dibuka Bupati Sekadau, Rupinus.

“Kami mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan ini, dalam rangka kegiatan sosial kepada masyarakat,” ujar bupati.

Dijelaskan bupati, bahwa PMI Kabupate Sekadau sudah memiliki kantor dan petugas. Meski demikian, letak kantor PMI yang dinilai kurang refresentatif bagi pasien.

Bupati Rupinus menyarankan kedepan, kantor PMI Sekadau direlokasi ke Gedung Dekranasda yang berada di Jalan Merdeka Barat.

“Karena Gedung Dekranasda sudah dibagun, nanti gedung yang lama bisa untuk kantor PMI. Jadi keluarga pasien tidak jauh jika mencari darah,” kata Rupinus.

Mengenai banyaknya saran untuk adanya bank darah di Kabupaten Sekadau, Rupinus juga menyambut baik masukan tersebut.

Sementara itu,Kejari Sekadau Andri Irawan memberikan testemoni kepada peserta donor darah.

“Donor darah jika dilakukan dengan rutin akan berdampak positif pada kesehatan badan. Donor darah merupakan perbuatan amal, karenakan memberikan sesuatu yang berharga di dalam diri kita untuk orang yang memerlukan,” papar Andri.

Menurut dia, setelah mendonorkan darah, ia merasa bahagia karena bisa membagikan atau membantu orang lain.

Aksi donor darah yang di inisiasi Ikatan Wartawan Sekadau (IWAS) ini berlangsung hingga jelang siang.

Sejumlah ASN, perwakilan ormas, pelajar tercatat sebagai pendonor. Selanjutnya, darah yang terkumpul akan ditampung di RSUD Sekadau dan disalurkan bagi pasien yang membutuhkan sesuai golongan darah yang dicari. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda