GMUK Warnai Latihan Brigif 4 Mar/BS

286

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Latihan triwulan IV 2019 yang diselenggarakan Brigif 4 Marinir/BS disekitaran Pantai Batu Mandi, Pantai Mahitam Ketapang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Lampung yang terdiri dari 3 Kompi Yonif 7 Marinir dan 3 Kompi Yonif 9 Marinir yang dibuka pada hari Senin (9/12/2019) lalu, diwarnai dengan aksi heroik para prajurit Brigade Infanteri 4 Marinir/BS dengan melaksanakan penggempuran yang terencana di wilayah musuh dalam gerakan taktis yang cepat dan senyap.

Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar selaku Palaklat menyampaikan, latihan triwulan IV tahun 2019 wilayah Lampung ini dilaksanakan selama kurang lebih satu pekan dengan peserta latihan terbagi menjadi beberapa Kompi latihan.

“Setiap hari yang bermain satu Kompi latihan dengan atensi waktu 24 jam. Latihan ini terdiri dari tahap laut atau pendaratan khusus dengan penyelesaian sasaran, yang dilanjutkan dengan operasi darat seperti gerakan maju untuk kontak (GMUK) dan serangan sasaran latihan,” jelas dia.

Latihan triwulan IV tahun 2019 Brigif 4 Marinir/BS yang dilaksanakan setiap Kompi ini dimulai dari tahap laut, yaitu pendaratan khusus dengan persiapan, pengecekan pasukan dan material di daerah persiapan, selanjutnya penyampaian perintah operasi pendaratan khusus oleh Danki Latihan.

Setelah itu persiapan melaksanakan debarkasi atau titik luncur menggunakan perahu karet menuju titik kumpul, dilanjutkan ke titik tunggu (PK pelopor menuju titik intai).

Setelah PK pelopor tiba di titik intai, pers renang rintis menuju titik pendaratan (personel pengintaian medan sekitar pantai pendaratan). Setelah medan dinyatakan aman, kemudian seluruh pers mendarat dengan membentuk parimeter pantai. Setelah pengecekan personel, kemudian bergerak menuju titik awal dan titik kumpul sementara. Kemudian penyelesaian sasaran sesuai dengan ‘Jam J’ atau waktu yang sudah ditentukan.

Setelah sasaran pendaratan khusus dikuasai atau tahap laut selesai, dilanjutkan ke tahap darat atau operasi darat dengan melaksanakan GMUK menuju daerah persiapan kurang lebih 10 KM. Sesampainya di daerah persiapan, dilanjutkan dengan pemberian perintah operasi (PO) serangan oleh Danki latihan.

Selesai memberikan perintah operasi serangan, dilanjutkan pengecekan pasukan dan material,  kemudian bergerak menuju garis awal untuk menduduki sasaran, setelah itu menunggu ‘Jam J’ atau waktu yang sudah ditentukan untuk melaksanakan penyerangan.

Kemudian setelah ‘Jam J’ atau waktu yang sudah ditentukan tiba, seluruh prajurit bergerak dengan kerahasiaan yang terjaga dan secara cepat dan tepat, sehingga penyerangan pada sasaran yang diduduki musuh dapat diselesaikan dengan cepat pula. Begitu sasaran dikuasai, kemudian melaksanakan konsolidasi dan pengecekan personel dan material untuk selanjutnya bergeser menuju titik yang sudah ditentukan.

Latihan ini ditutup pada hari Ahad (15/12/2019), dimaksudkan untuk senantiasa mengasah dan menjaga kemampuan para prajurit Brigif 4 Korps Marinir agar tetap prima dan siap selalu dalam melaksanakan tugas di segala medan tugas nantinya demi utuhnya NKRI. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda