Ganti Terkejut: Dapur Rusak, Walikota Sidimpuan Muncul

267

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Keluh kesah yang menerpa Ganti Pasaribu, penduduk Labuhan Rasoki Kecamatan Sidimpuan Tenggara, perlahan sirna berkat kunjungan orang nomor satu Pemkot Padangsidimpuan, Walikota Irsan Efendi Nasution, pada Rabu (23/9/2020).

Hujan yang mengguyur Kota Padangsidimpuan termasuk desa tempat Ganti bertempat tinggal dan keluarga, pada Selasa (22/9/2020) sore hingga malam hari, membuat debit air sungai yang berada persis di samping rumahnya melimpah ruah hingga mulai menggenangi permukiman.

“Lambat laun, luapan air yang bercampur material kerikil, pasir, bahkan batu besar itu semakin menyasar ke areal kebun warga lalu menerjang tanggul hingga menembus permukiman sampai ke balairung pasar tradisional yang ada di sisi kanan sungai,” cerita Ganti kepada wartawan.

Kemudian, akibat sedimen yang menyebabkan sungai mendangkal, air dari bawah jembatan meluap ke arah kiri hingga menerjang rumah dan sekaligus merusak warung milik Ganti Pasaribu. “Air masuk ke warung, dan di saat saya masuk ke dapur sudah setinggi pinggang,” ujarnya.

Di tengah suasana hati berselimut rasa sedih, keesokan harinya Ganti terkejut mendapat kunjungan dari seorang yang tidak asing baginya. Walikota Irsan Efendi Nasution menegur sapa sembari menyemangatinya atas musibah yang dialami Ganti, kerusakan harta benda dan merugi.

Sebelum menemui Ganti, walikota meninjau areal yang diterjang luapan banjir. Melihat bekas lintasan air selebar lebih kurang 50 meter dari pinggir sungai dan sepanjang sekira 500 meter. Tahun depan sedimen sungai ini, tegas dia ke warga akan dibangun tanggul berkonstruksi beton.

Kepada Ganti, walikota meminta agar bersabar. Karena, tidak ada seseorang pun yang menginginkan musibah ini terjadi. Sebagai bentuk empatinya, walikota memberikan santunan untuk membantu biaya perbaikan dapur rumah keluarga Ganti yang rusak akibat diterjang arus sungai.

Warga Desa Labuhan Rasoki dan sekitar juga ditekankan walikota untuk sama-sama menjaga ekosistem hutan di hulu sungai (bukit Dolok Parlobaan Suaka Margasatwa Barumun). “Jangan tebangi pohonnya. Hutan melindungi kita dari bencana, juga masa depan anak cucu,” ujarnya.

Mendapat wejangan serta atensi seperti itu, masyarakat Labuhan Rasoki diwakili Ganti Pasaribu mengucapkan terimakasih atas tanggap dan kepedulian Walikota Irsan. “Terimakasih pak, kami senang memiliki figur pemimpin seperti bapak. Senang, tanggul akan dibangun,” ucapnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda