Festival Kopi Lampung 2019 Dibuka Besok Malam

278

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam rangka mengenalkan lebih dalam produk kopi dari Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara dan Way Kanan. Rabu (6/11/2019) malam besok akan digelar Festival Kopi Lampung 2019.

“Rencannya akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian, di Taman Gajah Elephant Park, Enggal, Kota Bandar Lampung,” kata Taufik Hidayat selaku Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Arsip Achmad Krisna Putra, Kepala Dinas Perindustrian Bayana, dan Kabag Humas Protokol Fery Ardiansyah saat menggelar konfrensi pers, Selasa (5/11/2019).

Festival kopi yang digelar bertemakan ‘Woman And Coffe’ ini, digunakan dengan maksud karena persiapan, pengolahan, dan penyajian kopi banyak dilakukan oleh kaum wanita.

“Akan ada juga pemecahan Rekor Muri minum kopi bersama dengan target 3.000 peserta wanita, serta kompetisi – kompetisi yang diselenggarakan, antara lain menyeduh kopi maupun menghiasi kopi,” jelas dia.

“Sedangkan untuk membangun tata niaga dan sinergi perdagangannya akan diadakan temu bisnis, kemudian seminar kopi yang diikuti oleh petani kopi dan instansi terkait, dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas kopi,” terang Taufik Hidayat lagi.

“Kegiatan lain yang juga dirangkai dalam festival kopi tersebut adalah cerdas cermat dan apresiasi tentang kopi, lomba pangan berbahan kopi. Ini semua juga dalam rangka mengenalkan kopi kita, kopi robusta Lampung,” tambah dia.

Sebelum kegiatan ini digelar, kata dia, kita telah melakukan sosialisasi tentang kopi ke kampus-kampus, sekaligus mengenalkan kopi kepada kelompok milenial, bahwa kita punya produk kopi yang tidak kalah unggulnya dengan kopi – kopi daerah lain.

Lanjut dia, bahwa Festival Kopi Lampung 2019 ini akan diikuti 15 kabupaten/kota yang digelar selama 2 hari.

“Setiap harinya akan menyediakan 15 ribu cup kopi yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Pagi hari sebelum pembukaan, akan dilaksanakan uji cita rasa kopi guna meningkatkan kualitas kopi, yang dimulai dari menunjukkan sampel kopi yang berkualitas,” jelas dia.

“Acara juga akan dihadiri forkopimda, ketua dewan kopi, pelaku usaha kopi, serta tamu undangan. Turut dimeraihakan penyanyi dangdut dari ibukota Lesty,” pungkas Taufik Hidayat. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda