Faktor Alam Bisa Hambat Distribusi Logistik Pilkada Sekadau

26

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Sekadau bersama penyelenggara pemilu dan unsur aparat penegak hukum menggelar rapat koordinasi terkait distribusi logistik, persiapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Sekadau, Selasa (1/12/2020), di kantor bupati setempat.

Pjs. Bupati Sekadau Hj.Sri Jumiadatin mengapresiasi langkah yang telah dilaksanakan KPU denganĀ  mapping potensi hambatan logistik pemilukada.

“Saya minta kesiapan ASDP Perhubungan agar siap membantu distribusi logistik, terutama untuk logistik di tiga kecamatan Belitang,” kata Sri.

Ia juga mengingatkan bahwa adanya tim pemantau pilkada yang terdiri dari stakeholder terkait. Sri juga menekankan kepada Forkompinca agar melakukan pemantauan dan pengamanan seluruh logistik.

“Tidak hanya logistik surat, kotak dan formulir, namun juga logistik APD untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19,” ungkap dia.

Tak kalah penting, Sri berharap adanya dukungan pihak perusahaan yang berada di kecamatan untuk mendukung proses pendistribusian logistik pemilukada sampai pada tingkat TPS.

Dalam rakor ini, Ketua KPU Sekadau Drianus Saban memaparkan, mapping potensi hambatan distribusi logistik yang disebabkan faktor cuaca musim penghujan, terutama daerah rawan banjir dan akses jalan yang mengalami kerusakan.

“Sebelum pemungutan dan perhitungan suara harus ditentukan logistik tempat, jumlah, dan waktu,” tukas Saban.

Dikatakan Saban, KPU sebagai penyelenggara teknis, sementara peran tangung jawab kewilayahan di pemerintahan, dan keamanan di kepolisian.

“Peran semua pihak harus disinkronkan,” sambungnya.

Di akhir kegiatan, diadakan dialog dan penyampaian masukan serta saran oleh peserta kepada penyelenggara pemilukada dan pemerintah daerah serta pihak terkait. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda