Dandim 0402/OKI Dampingi Danrem 044/Gapo Tinjau Lokasi Opla di Kecamatan Air Sugihan

36

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI Letkol Inf. Yontri Bhakti SH MH mendampingi Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Thohir S.Sos MM beserta rombongan meninjau lokasi optimasi lahan (opla) di Desa Bandar Jaya dan Desa Mukti Jaya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan menelusuri sungai selama 2 jam lebih, Senin (20/5/2024).

Kegiatan opla yang dilaksanakan di Kecamatan Air Sugihan ini ditargetkan sebanyak 7003,2 hektar. Dimana lokasinya terbagi di 8 desa, salah satunya Desa Bandar Jaya dan Desa Mukti Jaya.

Dandim 0402/OKI menyampaikan, opla ini merupakan pekerjaan yang harus dilakukan bersama – sama agar dapat membantu program pemerintah untuk ketahanan pangan, khususnya di wilayah Kabupaten OKI ini.

“Sistem pelaksanaan tanam padi yang dilaksanakan menggunakan tanam tabur, dapat mengurangi biaya operasional yang sangat tinggi. Untuk saat ini petani hanya bisa satu kali masa tanam dalam setahun. Mudah-mudahan dengan pembangunan opla masa tanam petani meningkat, sehingga petani bisa panen 2-3 kali dalam setahun,” ungkap Dandim.

Dalam kunjungan ini, Danrem 044/Gapo sangat mengapresiasi kepada anggota Kodim 0402/OKI, Kadistan OKI, para petani dan masyarakat Air Sugihan yang selalu semangat dalam melaksanakan kegiatan opla ini dan terjalin hubungan yang sangat guyub.

“Tugas kita dalam ketahanan pangan sama, kita mencetak beras, kita produksi beras. Kecamatan Air Sugihan merupakan pintu utama tolak ukur keberhasilan opla bukan hanya OKI, namun juga Provinsi Sumatra Selatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil panen para petani,” tambahnya.

Pada kesempatan lain, Kadistan OKI Sahrul menyampaikan selamat datang kepada Danrem 044/Gapo beserta rombongan di Kecamatan Air Sugihan.

Beliau juga mengatakan, untuk optimasi lahan di Kabupaten OKI merupakan tolak ukur keberhasilan opla di Sumatra selatan.

“Selain Kecamatan Air Sugihan, telah dilaksanakan juga di Kecamatan Sungai Menang serta Lempuing Jaya,” ujarnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda