Dalam Rangka Operasi Lilin Krakatau 2019, Polresta Bandar Lampung Adakan Rapat Lintas Sektoral

378

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam rangka persiapan menghadapi Operasi Lilin Krakatau 2019, Polresta Bandar Lampung melaksanakan rapat di aula Polresta setempat, Rabu (11/12/2019).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolresta Bandar Lampung AKBP Yan Budi Jaya, SIK MM, dihadiri forkopimda, serta pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan operasi tersebut. Seperti PLN, Organda, Pertamina dan Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polresta Bandar Lampung.

Kapolresta menyampaikan bahwa kegiatan Operasi Lilin Krakatau 2019 merupakan operasi kemanusiaan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Ia mengajak seluruh hadirin yang merupakan stakeholder untuk turut mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut, sehingga bisa terlaksana dengan lancar, aman, damai dan tenteram.

“Kita semua mengharapkan perayaan Natal dan tahun baru di Kota Bandar Lampung dapat berjalan dengan aman dan damai. Mari kita bersama-sama berdoa agar Natal dan tahun baru ini bisa terlaksana dengan lancar, aman damai dan tentram,” kata Kapolresta.

Sementara Walikota Bandar Lampung yang diwakili oleh Asisten III Drs.Syafrodi mengapresiasi Polresta dan semua unsur atas kerjasamanya yang baik dalam rangka persiapan pengamanan menyambut Natal dan tahun baru.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada jajaran Polresta Bandar Lampung serta semua unsur terkait atas kesiapan pengamanan Natal dan tahun baru kali ini,” ucapnya.

Kabag Ops. Kompol Ujang Supriyanto, SE menjelaskan, sasaran operasi Lilin Krakatau 2019 ini meliputi semua gereja yang digunakan untuk perayaan Natal, pusat-pusat perbelanjaan seperti pasar, pertokoan, supermarket, dan lain-lain, pemukiman/rumah-rumah yang ditinggalkan oleh penghuninya pada saat melaksanakan ibadah/kebaktian atau pada saat bepergian/rekreasi, jalur-jalur/jalan utama menuju tempat-tempat ibadah, rekreasi dan mudik.

Kemudian ada Terminal, hotel/penginapan, objek wisata dan pusat perkantoran, serta tempat-tempat rekreasi dan tempat-tempat hiburan, penampungan kebutuhan pokok masyarakat maupun jalur pendistribusiannya. Lalu warga yang merayakan Natal dan tahun baru, warga yang berbelanja untuk keperluan Natal dan tahun baru, warga yang berekreasi ke tempat wisata dan warga yang berkunjung ke handai taulan/silaturahmi.

“Kegiatan-kegiatan pengamanan seperti kegiatan ibadah/perayaan Natal, kegiatan perayaan tahun baru, kegiatan rekreasi/wisata/belanja dan kegiatan pengamanan arus mudik/balik Natal dan tahun baru termasuk dalam operasi ini,” pungkas Kompol Ujang.

Rapat koordinasi lintas sektoral ini diisi dengan beragam paparan dari masing-masing bidang, diantaranya Kabag Ops, Kasat Intel, Dinas Perhubungan, FKUB (Forum Kerukunan Umat beragama), Pertamina dan dinas terkait. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda