Bupati Tapsel Ingatkan Kades Menjadi Pemimpin Sejati

101

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu meminta seluruh kepala desa (kades) agar supaya menjadi pemimpin sejati yang selalu mengayomi masyarakat, khususnya dalam memajukan pembangunan yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Hal itu disampaikannya pada saat acara pengukuhan kepengurusan Asosiasi Pemerintah Desa Kabupaten Tapanuli Selatan masa bhakti 2020-2025 dan studium general peran kepala desa di dalam pembangunan, bertempat di aula Sarasi II, kantor Bupati Tapsel, Kamis (13/8/2020).

“Asosiasi Pemerintah Desa (APD) merupakan tempat berhimpun atau berorganisasi para pejabat pemerintah desa dengan tujuan utama mengayomi masyarakat dalam memajukan pembangunan yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan,” ungkap Bupati Syahrul.

APD juga tempat berbincang untuk para kepala desa dalam memecahkan permasalahan dan saling memberi informasi untuk memajukan desanya masing-masing. Sehingga, kekompakan pun akan semakin terjalin dan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Lalu bekerjalah secara totalitas agar rakyat bisa menerima dengan baik, sehingga program-program pembangunan akan disambut baik oleh rakyat itu sendiri,” imbuhnya.

Syahrul mengetahui, bahwa di tahun 2020 ini kepala desa mungkin sudah dua kali melakukan perubahan APBdes, karena APBN pun sudah dua kali berubah, dan untuk pertama kalinya APBN ini tidak melalui undang-undang akan tetapi melalui Perpu. Hal tersebut terjadi karena situasi pandemi Covid-19.

“Hubungannya dengan itu dalam penggunaan dana desa harus sesuai dengan peraturan yang ada agar tidak terjerat hukum dan dana desa digunakan untuk membangun desa agar lebih baik serta tepat sasaran,” ujar bupati dua kali berturut-turut tersebut.

Terakhir, Syahrul mengingatkan agar seluruh kepala desa dan lurah tidak lengah terhadap protokol kesehatan dan mengajak warganya untuk selalu memakai masker. “Jaga jarak, serta sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau dengan hand sanitizer,” ujarnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda