Bupati Sekadau Apresiasi Pelatihan Wirausaha Olahan Ikan dari SMKN 1

23
Peninjauan hasil kreatifitas pelajar SMKN 1 Sekadau oleh Bupati dan Ketua TP PKK beserta rombongan. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Aron didampingi Ketua TP PKK Magdalena Susilawati menghadiri pembukaan pelatihan peningkatkan kreativitas siswa dalam berwirausaha di bidang olahan ikan yang dilaksanakan oleh SMKN 1 Sekadau, Kamis (2/9) pagi.

Bupati Sekadau Aron menyampaikan terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah dan SMKN 1 Sekadau yang telah memberikan pelatihan pengolahan ikan tersebut.

Bupati berharap, dengan adanya pelatihan ini, dapat menciptakan produk kreatif serta inovatif dan dapat dipasarkan, baik lokal maupun nasional. “Saat ini dituntut kreatifitas sesuai motto SMK bisa,” tambah Aron.

Menurutnya, anak-anak daerah memiliki pontensi dan kemampuan yang sama dengan anak di kota. “Saat ini dipermudah dengan mendapatkan bahan dan kebutuhan untuk berinovasi,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Sekadau Basep mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Pontianak.

“Kami juga dapat didukung PKK Kabupaten. Terimakasih kepada Ibu Ketua TP PKK atas dukunganya,” ujar Basep.

Rektor Muhammadiyah Pontianak, Doddy Irawan juga menyampaikan bahwa program kreatifitas siswa tersebut sangat bagus. Dan tahun 2021, pihaknya melibatkan 820 mahasiswa yang tersebar di Kalbar. “Juga di Lombok serta Natuna,” kata Doddy.

Muhammadiyah, menurut dia, memfokuskan di bidang wirausaha dan inovasi yang mampu bertahan di situasi pandemi.

“Di Universitas Muhammadiyah ada parodi perikanan dan dituntut oleh Kemendikbud untuk menghasilkan output. Tentnya kami juga menjadi patner pemerintah daerah,” timpal Doddy.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan peninjauan hasil kerja pelajar SMKN1 Sekadau. Serta peninjauan hasil – hasil kreatifitas anak – anak SMKN 1 Sekadau oleh Bupati dan Ketua TP PKK beserta rombongan. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda