Bupati Lampung Selatan Buka Semarak Tanjung Sari Fair & Fest 2023

120

LAMPUNG SELATAN, BERITAANDA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17, Pemerintah Kecamatan Tanjung Sari menggelar Semarak Kecamatan Fair & Fest 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan kantor Kecamatan Tanjung Sari ini dibuka secara resmi Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Senin (7/8/2023).

Semarak Kecamatan Tanjung Sari Fair & Fest 2023 rencananya akan berlangsung selama 3 hari, mulai Senin 7 Agustus hingga Rabu 9 Agustus 2023. Kegiatan itu turut dimeriahkan dengan pertunjukan seni dan budaya yang memukau, seperti tarian tradisional, musik lokal, dan pertunjukan parade budaya.

Ketua pelaksana kegiatan, Suparman mengatakan, Semarak Tanjung Sari Fair & Fest 2023 bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian di setiap desa di Kecamatan Tanjung Sari. Kegiatan itu diikuti 118 stand yang terdiri dari 8 stand desa, 3 stand umum, dan 7 stand dinas instansi serta 100 stand UMKM dari 711 pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Tanjung Sari.

“Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan ekonomi desa dan meningkatkan produk UMKM di setiap desa. Sehingga menciptakan lapangan kerja baru di Kecamatan Tanjung Sari,” ujarnya.

Sementara Camat Tanjung Sari M. Dicky Cherlanda mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan saat ini terus melakukan terobosan baru yang inovatif, berani dan tulus.

“Tiga kata ini saya gambarkan untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan. Dan tiga kata itu tergambar dalam kegiatan Semarak Tanjung Sari Fair & Fest 2023,” kata Dicky.

Menurutnya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berinisiasi dan mengambil langkah berani, terukur dan strategis untuk memajukan UMKM yang tertuang dengan visi misinya.

“Tujuannya sangat tulus bagaimana caranya pak bupati ini berpikir untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM yang ada di Lampung Selatan untuk mempromosikan produknya. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian,” kata Dicky menambahkan.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, ini merupakan momentum bagi seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi di dalamnya, terutama bagi para pelaku UMKM dan IKM yang ada di seluruh desa dan kecamatan.

“Momen ini bermaksud untuk mempromosikan dan menjual produk ataupun kerajinan pelaku UMKM. Sekaligus juga para pegiat-pegiat seni budaya serta para seniman lokal menunjukkan hasil karya dan kreasinya dalam panggung even kecamatan fair in,” ujar Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, dengan banyaknya masyarakat serta pelaku UMKM yang terlibat, diharapkan perputaran uang dan nilai transaksi yang dihasilkan akan besar.

“Kita lihat ada 118 jumlah stand peserta yang ikut event ini. Mudah-mudahan perputaran uangnya besar sehingga perekonomian masyarakatnya juga meningkat,” kata Nanang.

Nanang meminta, camat dan seluruh kepala desa untuk terus menggali potensi yang ada di Kecamatan Tanjung Sari, tidak hanya sektor UMKM, namun sektor wisatanya juga.

“Saya minta kepada camat dan seluruh kepala desa di Kecamatan Tanjung Sari untuk terus menggali potensi yang ada di wilayahnya. Sektor UMKM dan Wisata merupakan sektor yang  sangat menunjang bagi peningkatan pendapatan masyarakat,” kata Nanang. (Kominfo Lamsel)

Bagaimana Menurut Anda