Buka Pelatihan UMKM, Bupati Sekadau Harap Diadakan di Tingkat Kecamatan

9
Bupati Aron menerima cindra mata dari perusahaan pertokoan retail modern pasca membuka pelatihan UMKM. (BERITAANDA.NET)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau, Aron, membuka pelatihan kewirausahaan mandiri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kamis (28/10).

Kegiatan ini sebagai bagian dari corporate social responsibility (CSR) dari salah satu perusahaan di bidang pertokoaan retail modern yang berkerjasama dengan Dinas Perdagangan, Keperasi dan UKM Kabupaten Sekadau.

Puluhan peserta pelatihan didominasi kaum perempuan. Pembekalan pengetahuan seputar UMKM ini mengangkat tema ‘strategi UMKM bertahan dimasa pandemi Covid-19’.

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM St Emanuel mengatakan, pelatihan ini dalam upaya pengembangan kapasitas dan pengetahuan pelaku usaha UKM.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat membuka peluang bisnis serta membuka lapangan pekerjaan,” tukas Emanuel.

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 1 hari. Di ikuti 75 peserta dari unsur pelaku usaha mikro dengan mencapai indikator bidang ekonomi.

Bupati Sekadau, Aron menegaskan, bahwa pelatihan kewirausahaan UMKM bermanfaat bagi pengembangan ekonomi masyarakat. Pelatihan seperti ini kedepan diharapkan bisa dilaksakan di kecamatan – kecamatan,” pinta Bupati.

Selaku Bupati, Aron menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan penyelenggaraan pelatihan ini.

“Selaku pemerintah kabupaten, berkewajiban melindungi serta mengembangkan perekonomian masyarakat,” timpal bupati.

Bupati mengakui, bahwa saat ini para pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Sekadau mengalami fluktuasi maju dan mundur di tengah pandemi.

“Kepentingan pemerintah memberikan porsi dan ruang yang sama kepada masyarakat dalam menjalankan usaha UMKM,” tegas dia.

Di akhir pembukaan, bupati menerima cindra mata dari perusahaan yang melaksanakan pelatihan, dan sebaliknya pihak perusahaan tersebut juga menerima cindra mata dari Pemerintah Kabupaten Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda