BPK Periksa Randis Milik Pemkab Tulang Bawang Barat

14

TUBABA-LAMPUNG, BERITAANDA – Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) ikuti apel pemeriksaan kendaraan dinas (randis) yang diselenggarakan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Kamis (10/2).

Dalam pemeriksaan tersebut, sejumlah randis milik pemerintah kabupaten dihadirkan di lapangan pemkab setempat untuk dilakukan pemeriksaan secara kondisi dan kelengkapan, yang bersamaan dengan pemeriksaan pihak BPK Provinsi Lampung ke Tubaba.

Faidil selaku Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) mengatakan, apel randis saat ini juga memang ada.

“Kegiatan apel randis di setiap tahunnya bersamaan dengan pemeriksaan BPK, maka sekalian kita hadirkan hari ini dengan didampingi oleh BPK. Nanti dari pihak BPK langsung melihat hasilnya dengan mengecek langsung di lapangan. Jadi semua randis roda empat di Tubaba kita hadirkan disni, dari total keseluruhan randis roda empat dan enam sebanyak 180 unit,” tetang dia.

Selanjutnya dikatakan dia lagi, dari pemeriksaan ini pasti ada kendala. Tidak semua randis dapat dihadirkan, disebabkan sedang dibawa dalam perjalanan dinas. Kemudian ada yang sedang dalam kerusakan yang sedang ditangani oleh bengkel.

“Tapi sepanjang mobil itu ada, itu akan kita konfirmasi kepada SKPD terkait, kenapa tidak bisa datang dan ditanyakan alasannya. Kalau memang sedang di bengkel, kita instruksikan untuk lengkapi dokumen-dokumennya seperti STNK dan nomor rangka serta mesin, kemudian fotonya dilengkapi dengan kondisinya,” jelas dia.

Kemudian, dalam pemeriksaan ini juga tidak luput dari pemeriksaan aset warisan dari Pemerintah Tulang Bawang yang pernah diwariskan kepada Pemkab Tubaba juga.

“Dan kalau jadwalnya sendiri sampai dengan besok, cuma nanti kita situasional, apakah nanti yang tidak hadir hari ini kita hadirkan di Senin atau besok. Karena saat ini kebijakan pemeriksaan kita kan berbeda dengan BPK, apakah dilanjutkan besok atau bagaimana, dikarenakan nanti biasanya ada rekomendasi atau bagaimana saya juga belum paham,” ungkap Faidil.

“Dalam kelengkapannya sendiri, saat ini hampir semuanya tidak ada masalah. Hanya beberapa saja yang sudah tidak ada kotak P3K-nya. Setelah ini nanti kita jadwalkan ulang untuk hadirkan apel randis roda dua,” pungkasnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda