Beroperasi Sejak 2016, Polda Lampung Gerebek Pabrik Senpi Rakitan di Lamtim

399

BANDA LAMPUNG, BERITAANDA – Polda Lampung melakukan penggerebekan pabrik senjata api (senpi) rakitan yang berlokasi di Sukadana Ilir, Sukadana, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

Hal ini dijelaskan Kapolda Lampung Irjen Pol. Purwadi Arianto dihadapan sejumlah media usai kegiatan pemaparan ekspose akhir tahun 2019, di Mapolda Lampung, Senin (30/12/2019).

“Industri rumahan senpi rakitan ini berhasil diungkap berkat kerja keras Tim Anti Bandit (Tekab) 308 Ditreskrimum Polda Lampung, pada perayaan Natal, Rabu (25/12/2019). Ditreskrimum melakukan penangkapan dan penyitaan terhadap home industri yang membuat senjata api ilegal tersebut,” jelas Kapolda.

Lanjut dia, kami berhasil menyita amunisi dan peralatan – peralatan lainnya dan bagian dari senjata api itu.

Dari hasil pengungkapan home industri senpi rakitan ini, pihaknya mengamankan satu pelaku pemilik dan pembuat senjata api.

“Pelaku berinisial FW (47) warga Sukadana Ilir, Sukadana, Lampung Timur. Kini pelaku ditahan di Polda Lampung. Saat ini kita sedang menelusuri siapa saja yang sudah membeli senpi rakitan ini sejak tahun 2016,” tegas Kapolda.

Kapolda juga menjelaskan, FW sudah mendirikan pabriknya sejak tahun 2016.

“Pelaku membuat senjata berdasarkan pesanan, ada jenis revolver dan FN, diperjualbelikan dengan harga kisaran Rp2 juta hingga Rp5 juta. Tersangka FW ini diancam dengan Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata api dengan ancaman 20 tahun penjara,” pungkasnya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda