Berikan Layanan Kesehatan Bagi Pemudik, Dinkes OKI Siagakan Puluhan Petugas Medis

52
Para petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI yang ditempatkan di pos pelayanan kesehatan tol Celikah, Rabu (27/4).

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – 52 orang petugas medis disiagakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) guna memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik.

Kadinkes OKI Iwan Setiawan melalui Kasi Pelayanan Kesehatan Primer, Azhari mengatakan, puluhan petugas medis tersebut ditempatkan pada 5 pos pelayanan kesehatan lebaran yang ada di wilayah Bumi Bende Seguguk.

“Untuk di pos pelayanan kesehatan Celikah ada 12 petugas medis yang berjaga. Lalu, pos Lempuing 12 petugas, pos perbatasan Kecamatan Mesuji 12 petugas, serta Res Area 269 dan 277 masing-masing 8 petugas,” ungkap dia, Rabu (27/4).

Penjagaan di pos sesuai shift masing-masing. Seperti pos tol Celikah, Lempuing, perbatasan Kecamatan Mesuji terdapat tiga shift. Sedangkan pada Res Area 269 dan 277 hanya dua shift.

“Untuk yang tiga shift, yakni shift pertama dari pukul 06.00 – 13.00 WIB, shift kedua pukul 13.00-19.00 WIB, dan shift ketiga pukul 19.00-06.00 WIB. Sedangkan pos yang memiliki dua shift, ada siang dan malam,” terang dia.

Sesuai edarannya, bagi para pemudik yang belum melakukan vaksin booster silahkan vaksin dahulu. Karena, menurut dia, syarat mudik harus booster dan vaksin di pos pelayanan yang disediakan.

“Kita tidak ada penyekatan. Jadi sifatnya kami ini pencegahan Covid-19, sekaligus pelayanan kesehatan kegawatdaruratan. Dan ini untuk memperlancar para pemudik atau mudiknya sehat,” tutur dia.

Masih kata dia, petugas yang ada di pos Celikah berasal dari Dinkes OKI serta Puskesmas Celikah dan Kota Raya, ditambah dari tim Dokkes Polres OKI. Sedangkan pos lainnya berasal dari Dinkes dan Puskesmas terdekat.

“Kita mengimbau untuk para pemudik, kalau lelah sebaiknya istirahat dan jangan sampai dipaksakan, apalagi ngantuk dan sebagainya. Harapannya, dengan adanya pelayanan ini, semuanya berjalan dengan lancar, baik dari petugas maupun pemudik,” tutup dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda