Berbagai Usulan Prioritas Muncul dalam Musrenbang Kecamatan Mesuji Raya

162

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Berbagai usulan prioritas disampaikan dalam musrenbang tingkat Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang dilakukan di aula rapat kantor kecamatan tersebut, Senin (11/1).

Seperti dikemukakan Kepala Desa (Kades) Embacang, Junaidi. Dimana pihaknya meminta agar segera dilakukan perbaikan infrastruktur Jalan Embacang – Kertamukti, Embacang – Balian dan Embacang – Dabuk Rejo.

Kades Kertamukti, Syarif Hidayat dalam kesempatan ini juga menyampaikan usulan prioritas, dimana pihaknya meminta adanya perbaikan jembatan yang menghubungkan Desa Kertamukti – Bumi Makmur. berupa box culvert.

Selaku tuan rumah dalam kesempatan ini, Camat Mesuji Raya Yulian Syahri Gumay, SP satu persatu mempersilahkan para kades di wilayahnya sampaikan usulan prioritas. Seperti yang dikemukakan kedua kades tersebut kepada pihak Bappeda OKI.

Sebelumnya, Kepala Bappeda OKI Makruf CM, SIP MM melalui sekretarisnya H. Erwin Agusdy menyampaikan, Pemkab OKI setiap tahun menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sebagai penjabaran rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten OKI tahun 2019 – 2024.

“Penyusunan RKPD harus melalui suatu proses pada setiap tingkat pemerintahan dan harus melibatkan komponen masyarakat (stakeholder), sehingga program pemerintah dan aspirasi masyarakat dapat diakomodir dalam perencanaan pembangunan,” kata dia.

Walau berbagai upaya melalui pelbagai program pembangunan untuk mewujudkan kondisi daerah lebih baik dan telah berikan hasil positif dalam berbagai kehidupan masyarakat, masih kata dia, tetapi masih terdapat kendala yang harus segera diatasi, seperti infrastruktur yang belum baik.

“Juga masih terdapat kondisi jalan yang rusak dan masih adanya masyarakat yang belum menikmati jaringan listrik, serta belum seluruh masyarakat mendapatkan akses air bersih. Disamping itu, masih dirasakan pelayanan kesehatan dan pendidikan belum maksimal serta permasalahan kemiskinan,” ujar dia.

Dalam upaya mengatasi berbagai kondisi tersebut, lanjut dia, tidak mungkin dapat dilakukan hanya oleh Pemkab OKI, tetapi juga harus melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pelaku pembangunan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lokasi, kegiatan musrenbang kecamatan yang digelar di aula rapat kantor Kecamatan Mesuji Raya ini, pelaksanaannya mematuhi protokol kesehatan Covid-19. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda