Bentuk Apresiasi Maha Karya Seni, Dirkrimum Polda Lampung Undang Seniman Berbakat

180

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Sebagai bentuk apresiasi maha karya seni di Hari Pahlawan tahun 2021 yang mengambil tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’. Direktorat Reserse Krimanal Umum [Dirkrimum] Polda Lampung mengundang para seniman muda berbakat untuk dapat menyalurkan aspirasinya yang dikemas dalam bentuk seni lukis mural di dinding koridor kantor, sehingga dapat memberikan pemandangan yang berbeda sebagai bentuk kedekatan masyarakat dengan Polri yang Presisi.

Dengan mengambil 3 tema yang dilukiskan sebagai sumber inspirasi para seniman, diantaranya juara 1 dinding 1 tema 1 (berkeadilan dan tanpa kekerasan, penegak hukum dicintai masyarakat). Menggambarkan beberapa anggota resrerse mobile atau yang di kenal dengan Resmob yang merupakan bagian dari Unit Reserse yang bertindak melakukan upaya paksa, mengambil sikap jongkok menunjukan komunikasi non verbal yang memberikan makna menjunjug tinggi hak asasi manusia dan menjauhkan sikap arogansi namun tetap bertindak tegas terukur dalam upaya penegakan hukum.

Juara 2 dinding 2 tema 3 (hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini), dengan lukisan menggambarkan suatu perubahan mendasar dalam upaya penegakan hukum yang berkeadilan, digambarkan sosok seorang nenek yang dibopong oleh 2 polwan Reserse, lukisan timbangan dan bunga mawar merah.

Lukisan tersebut megisyaratakan, bahwa kedepannya tidak ada lagi nenek pencuri kayu atau pencuri biji Kakao yang tanpa pertimbangan rasa keadilan di penjara.

Secara non verbal melalui bahasa tubuh, Polri sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan penegak hukum selalu bergerak maju merestorasi keadilan dan merevolisi mentalnya menuju ke arah yang lebih baik.

Juara 3 dinding 3 tema 2 (bukan tentang siapa yang hebat, tetapi tentang kebersamaan yang tidak dapat di nilai dengan apapun), digambarkan beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama, muda-mudi, dari keberagaman status sosial, suku,agama dan ras yang ada di Indonesia beserta Polri merangkul bola dunia dengan backgrkound di bawah lukisan megahnya gedung-gedung pencakar langit dan icon-icon tugu yang ada di Lampung.

Menggambarkan kebersamaan seluruh lapisan masyarakat dan Polri untuk menggapai dan meraih rasa aman, tentram , damai dan sejahtera menuju Indonesia maju.

“Pekerjaan lukisan di mulai sejak tanggal 9 dan 10 November 2021 dan akan rampung sore ini dengan moment Hari Pahlawan di tahun 2021, semoga dapat menginspirasi dan menggugah serta mewarisi semangat perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, mengisi ruang kemerdekaan yang telah di raih para pahlawan dengan hal-hal yang positif dan menginspirasi,” kata Direktur Kriminal Umum Polda Lampung AKBP Reynold Hutagalung, Rabu (10/11).

Salah satu pelukis menyampaikan rasa haru dan bangga mewakili para pelukis yang diundang untuk membuat karya seni di Polda Lampung, karya kami ini dipersembahkan dengan ikhlas dan penuh kebanggan.

“Kami diberikan ruang untuk berkarya dan menuangkan inspirasi serta aspirasi sebagai pekerja seni yang merupakan bagian dari masyarakat, “ ujar Muhammad Ridwan Adenin [27] yang berasal dari Kota Metro sebagi juara 1 pada Lomba Bhayangkara Mural Festival 2021. (Katharina Yanuarti)

Bagaimana Menurut Anda