BBPBL Lampung Lakukan Tebar Benih Bersama Danrem 043/Gatam

35

TANGGAMUS-LAMPUNG, BERITAANDA – Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung Ir. Ujang Komarudin AK M.Sc melakukan tebar benih ikan laut bersama Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S M.I.Kom, Senin (1/3) kemarin.

Sebanyak 2.500 ekor benih ikan yang ditebar merupakan bantuan BBPBL Lampung ke Pokdakan Banteng Pematang 1 di Kecamatan Pematang Sawah Kabupaten Tanggamus, Lampung yang merupakan binaan Korem 043/Gatam sebagai program ketahanan pangan.

Bantuan benih direncanakan sebanyak 15.000 ekor terdiri dari kerapu, kakap putih dan bawal bintang dan sisanya segera didistribusi jika KJA di Pokdakan telah siap.

Hadir dalam tebar benih tersebut Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi. AM.Syafi’i, S.Ag, Ketua DPRD Heri AgusSetiawan, S.Sos, Dandim 0424/Tanggamus, Kadis Kelautan dan Perikanan Tanggamus,  Kepala SUPM Kota Agung dan MuspikaTanggamus.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 043/Gatam menyampaikan apresiasi atas semangat Pokdakan Banteng Pematang 1 untuk melakukan usaha budidaya laut. Hal ini dapat dilihat bahwa mereka telah mengupayakan membuat KJA menggunakan bambu untuk menambah sarana KJA yang saat ini ada, merupakan pinjaman dari SUPM Kota Agung.

Sementara itu Wakil Bupati Tanggamus menyatakan bahwa walaupun kondisi Covid tetap harus produktif, karena Pematangsawah mempunyai prospek yang bagus untuk budi daya ikan laut. Ini dapat memberikan energi positif dan merupakan bagian dari peningkatan perekonomian masyarakat.

Di tempat terpisah, Kepala BBPBL Lampung menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Korem 043/Gatam, KodimTanggamus, DKP dan SUPM Kota Agung atas kerjasamanya sehingga usaha budidaya laut di Pokdakan Banteng Pematang 1 ini dapat terealisasi.

“BBPBL Lampung merupakan perpanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang mempunyai tugas untuk mendorong usaha-usaha yang ada di masyarakat,” ujarnya lagi.

“Dorongan tersebut dalam bentuk nyata, salah satunya adalah bantuan, dapat berupa bantuan bibit atau benih, bantuan pakan, dan pendampingan teknologi yang bisa langsung dirasakan dan diakses oleh masyarakat,” terang Ujang Komarudin.

Beliau juga menyampaikan harapannya agar apa yang sudah dibantukan oleh BBPBL Lampung maupun pihak lain harus dijaga, agar usaha budidaya laut ini dapat berkelanjutan. Karena pasarnya cukup terbuka lebar dengan harga yang bagus. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda