Asfan Sofian Kagumi Edukasi Wisata dan Budaya Desa Melati II

646

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ir. H Asfan Sofian, MM dan Nurainun dari Padi Mall yang merupakan pelaku bisnis bergerak dalam pengembangan produk usaha desa untuk pasar ekspor, berkunjung ke Panteng Kleset yang merupakan objek wisata tani program Pilot Inkubasi Inovasi Desa dan Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) Kementerian Desa (Kemendes) di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (11/1/2020).

Pada kunjungannya tersebut, Asfan Sofian langsung disambut oleh Kepala Desa Melati II Supardi beserta Ketua TPKK Syahrul Dani, inkubator Mhd Safrizal, tenaga ahli Tengku Fahrizal, serta pendamping desa kecamatan Abdul Rahman.

Asfan Sofian sangat mengagumi destinasi wisata tani di Panteng Kleset tersebut, karena ada aneka hiburan untuk para wisatawan. Juga terdapat sarana tempat permainan anak berupa rumah balon, kendaraan sepeda motor roda empat (ATP) dan jembatan pelangi.

Kadis juga berkunjung ke lokasi tempat pembuatan gula aren dan pengawetan lipan serta ternak kambing etawa, sembari memeras susu kambing tersebut dan bisa menikmati susunya.

Kemudian, saat berkunjung ke lokasi wisata budaya Palungguhan Toh Joyo, beliau mengatakan sangat mengapresiasi adanya beberapa miniatur budaya, yang bertujuan melestarikan adat dan tradisi bangsa Indonesia, agar memberikan pembelajaran bagi para generasi muda kedepannya memahami tentang budaya.

Asfan Sofian menyarankan untuk membuat perpustakaan di Palungguhan Toh Joyo. Karena tempat ini banyak edukasinya.

“Saya juga akan membicarakan hal ini kepada gubernur, serta akan membantu untuk perpustakaan di lokasi wisata budaya Palungguhan Toh Joyo, agar para generasi muda untuk kedepannya tidak melupakan sejarah budaya,” ungkap Kadis PMD Provsu.

Terciptanya distinasi wisata tani di Desa Melati II berkat dukungan dari Bupati Sergai Ir. H Soekirman dan dibantu oleh para OPD serta sokongan dari Kadis PMD Sergai H. Ikhsan AP, juga dibantu dengan Ketua Pokja Samsul Sijabat, SE dan para stakeholder lainnya.

Sementara itu, Supardi selaku Kades Melati II memaparkan tentang destinasi wisata dan budaya yang ada di desanya, diantaranya tentang homestay, wisata budaya Palungguhan Toh Joyo, peternakan kambing etawa, pembuatan gula aren dari limbah sawit, serta pengawetan lipan dan jeruk petik sendiri.

Inkubator Mhd Safrizal dan Ketua TPKK Syahrul Dani juga mengatakan, akan terus berbuat sesuatu untuk Desa Melati II ini, dengan satu visi Indonesia maju dan Desa Melati II bersinergi dengan beberapa kabupaten di Sumut. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda