Antisipasi Karhutbunla, Ini yang Dilakukan Kapolsek Tulung Selapan

86

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Dalam rangka persiapan antisipasi kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla) tahun 2024, dilakukan pengecekan sarpras dan petugas RPK PT Samora, Selasa (9/7/2024) mulai sekira pukul 11.00 WIB.

“Kegiatan itu dilakukan di kantor PT Samora Usaha Jaya Desa Simpang Tiga, Kecamatan Tulung Selapan, dalam rangka antisipasi karhutbunla 2024 di wilayah hukum Polsek Tulung Selapan,” ujar Kapolsek Tulung Selapan AKP Budhi Santoso SH.

Dalam giat itu turut diikuti Suarno selaku PM PT Samora, Senior Manager PT Samora Andi Ilham, Ps. Kanit Prov Aiptu Pipin SH, Ps Kanit Intelkam Aiptu Rizal Latif, Ps Kanit Binmas Aipda Taufik SH dan Tim RPK PT. Samora.

“Adapun kegiatan mitigasi karhutbunla dilakukan rapat koordinasi dengan pihak PT Samora Usaha Jaya, terkait upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan, karena cuaca sudah mendekati musim kemarau,” ungkap dia.

Juga, jelas dia, memastikan kesiapan dari PT Samora Usaha Jaya, khususnya tim RPK. Serta kesiapan peralatan pemadam kebakaran yang sudah dipersiapkan oleh pihak perusahaan.

“Melaksanakan patroli bersama dengan pihak perusahaan, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan diareal perkebunan PT Samora Usaha Jaya, memeriksa menara pantau api, serta embung yang ada diseputaran areal PT  Samora Usaha Jaya Divisi Tulung Selapan,” tambah dia.

Dari hasil kegiatan mitigasi karhutbunla tersebut ditemukan kondisi kayu tiang menara pantau api dalam keadaan baik, sehingga petugas aman apabila akan melakukan pemantauan titik api.

“Embung dengan jumlah 15 titik yang tersebar di area kebun, saat ini volume air dalam keadaan aman. Dan biasanya musim kemarau tiba, sebagian air embung akan mengering. Selama patroli bersama, sementara nihil adanya titik HS atau asap dari karhutbunla,” tutur dia.

Upaya yang sudah dilakukan Kapolsek Tulung Selapan terkait temuan itu agar petugas RPK PT Samora tetap menjaga kesehatan dan keselamatan saat bekerja, serta meningkatkan disiplin dan sigap tanggap saat terjadinya karhutbunla.

Dia mengimbau agar pihak perusahaan untuk segera mengeruk embung yang sudah surut sebelum musim kemarau tiba, sehingga dapat menampung air dalam jumlah yang banyak.

“Mengimbau tim RPK PT Samora Usaha Jaya untuk terus melakukan upaya pencegahan terjadi kebakaran lahan dengan senantiasa berpatroli dan memantau bersama MPA dari desa penyangga lokasi yang rawan terjadi karhutbunla, terkhusus ketika cuaca panas (curah hujan rendah),” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda