Amankan Pasokan Listrik di Musim Hujan, PLN Pangkas Dahan dan Ranting Pohon

302

PALEMBANG, BERITAANDA – Memasuki musim penghujan, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (S2JB) rutin melaksanakan pemeliharaan jaringan. Salah satunya dengan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang menyentuh jaringan kabel PLN.

“Pemangkasan perlu dilakukan. Karena jika tidak, dahan atau ranting pohon yang bersenggolan dengan kabel saat musim hujan bisa menyebabkan gesekan dan membuat listrik padam,” ujar Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah S2JB, Bakri, Kamis (5/12/2019).

Pemangkasan dahan ini biasanya dibarengi pemadaman listrik di sepanjang jalur pohon yang dipangkas, karena bisa menyebabkan petugas tersengat listrik jika tidak dipadamkan. Selain itu, jika tidak dipadamkan, listriknya juga akan padam sendiri tertimpa dahan pohon yang dipotong. Oleh sebab itu, demi keamanan listrik dilaksanakan selama pengerjaan berlangsung.

“Kita meminta pengertiannya pelanggan lebih baik padam sebentar karena pemeliharaan jaringan, agar kedepan pasokan listrik aman. Daripada dibiarkan tidak dipangkas, dampaknya akan lebih berbahaya,” ujarnya.

Bakri juga menghimbau kepada masyarakat jika di rumahnya ada pohon yang tumbuh tinggi hingga mengenai kabel agar memberi tahu petugas biar bisa dipangkas.

“Jangan memangkasnya sendiri, karena berbahaya bisa tersengat listrik. Oleh sebab itu, cukup infokan ke PLN di call center 123 dan petugas akan datang memangkasnya,” pungkas dia. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda