Alhamdulillah, Umat Islam Sekadau Diperbolehkan Sholat Ied di Masjid

206
Rapat lintas sektoral bersama pengurus masjid di Kabupaten Sekadau serta Ormas Islam, Rabu (20/5/2020), bertempat di Masjid Besar Al-Falah. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Umat Islam Kabupaten Sekadau akhirnya bisa melaksanakan sholat Idul Fitri (Ied) 1441 Hijriah berjamaah. Keputusan ini diambil dalam rapat bersama pengurus masjid dan unsur pemerintah serta Majelis Ulama Indonesia (MUI), Rabu (20/5/2020) pagi, di Masjid Besar Al-Falah Sekadau Hilir.

“Saat ini banyak desakan umat kepada pengurus masjid, agar masjid menyelenggarakan ibadah Ramadhan termasuk sholat Ied, terlebih setelah keluarnya Fatwa MUI No. 28 Tahun 2020,” ujar H. Isnaini selaku Ketua Umum Masjid Besar Al-Falah saat membuka rapat.

Diakui Isnaini, beberapa hari yang lalu pihaknya bersama MUI dan Kementerian Agama telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, sehingga diputusakan adanya rapat hari ini.

Menurut Isnaini, saat ini Masjid Besar Al-Falah menjadi patokan masjid lain, berperan sebagai pengganti Masjid Agung Sekadau yang sampai saat ini masih dalam proses pembangunan.

Sementara Ketua MUI Kabupaten Sekadau, Kyai H. Mudlar, juga membenarkan bahwa saat ini banyak pertanyaan dari umat muslim mengenai pelaksanaan ibadah di masjid atau surau. “Terlebih bagaimana mengenai pelaksanaan sholat Ied, setelah keluarnya Fatwa MUI No 28,” tukas Kyai H. Mudlar.

Meski demikian, Mudlar mengakui bahwa diizinkan atau tidaknya penyelenggaraan sholat Ied berjamaah tidak lepas dari keputusan bersama pemerintah daerah, terutama mengenai status kondisi wabah peyebaran Covid-19.

“Adanya kesepakatan bersama dalam musyawarah, sehingga melahirkan ketetapan akhir dan diharapkan pula masukan atau saran,” tegas Kyai H. Mudlar.

Setelah mendapatkan penjelasan serta mendengarkan masukan serta saran dari berbagai pihak dalam rapat, diperoleh kesepakatan yang disampaikan oleh Sekada Pemkab Sekadau Drs. H. Zakaria yang menyatakan, pengurus masjid dan surau diperbolehkan untuk mengadakan sholat Ied berjamaah pada hari raya Idul Fitri di masjid dan surau dengan ketentuan penerapan protokol kesehatan dan lainnya.(Arni)

Bagaimana Menurut Anda