1 Rumah Warga SP Padang Hangus Terbakar

1312

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Peristiwa kebakaran kembali terjadi dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kali ini satu rumah warga Desa Tanjung Alai Kecamatan SP Padang hangus terbakar, Ahad (3/11/2019) sore, sekitar pukul 17.30 Wib.

Api begitu cepat membesar hingga melahap habis rumah milik pasangan lanjut usia, Lian (85) dan istrinya Maiya. Lantaran di dalam rumah tersebut terdapat jerigen yang berisi stok minyak dari kios bensin mini miliknya.

Mainik (46), salah seorang warga setempat mengatakan, dirinya tidak tahu persis apa yang menyebabkan terjadinya kebakaran yang menghanguskan rumah tersebut. Namun menurut cerita yang didengarnya dari warga, api berasal dari dapur rumah.

“Waktu itu saya sedang bermain bola kaki, kemudian terdengar suara teriakan warga dan terlihat asap hitam yang menggumpal. Sehingga kami langsung menelepon pihak pemadam kebakaran dan bergegas menuju lokasi untuk membantu memadamkan api, sambil menunggu pemadam kebakaran datang,” ujarnya

Beruntung, katanya, berkat kesigapan warga dan dibantu oleh Dinas Pol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten OKI, api bisa dijinakkan dan tidak merambat ke rumah warga lainnya.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Aleksander Bustomi, S.STP, M.Si didampingi Kabid Pemadam Kebakaran, Syawal Harahap saat di lokasi kebakaran mengatakan, setelah mendapat informasi, pihaknya langsung meluncur ke lokasi kebakaran.

“Kita mengakui agak sedikit terlambat, sehingga salah satu rumah milik warga hangus terbakar. Namun keterlambatan kami sedang memadamkan kebakaran lahan di wilayah Sepucuk,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kades Tanjung Alai, Kasmir Martadinata mengatakan, bahwa dirinya telah melaporkan hal tersebut ke pihak kecamatan dan dinas terkait, agar korban yang mengalami musibah mendapat bantuan dari pemerintah.

“Saya juga sudah menyampaikan hal ini kepada rekan-rekan sesama kepala desa di Kecamatan SP Padang, agar dapat memberikan bantuannya secara sukarela kepada korban yang mengalami musibah,” tandas dia.

Tadi juga kakaknya, Irawansyah, juga telah menginformasikan hal ini kepada rekan-rekannya sesama anggota DPRD OKI, agar mereka juga turut ikut memberikan bantuan guna meringankan beban warga yang terkena musibah. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda