Wujudkan Tertib Administrasi, Disdukcapil OKI Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan

165

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan di ruang rapat rapat kantornya, Rabu (22/7/2020) kemarin.

Dimana dalam kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati OKI H. Iskandar, SE yang diwakili Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKI Drs. H. Anonius Leonardo, M.Si, dan ikut dihadiri Kepala Dinas, Kabid dan Kasi di instansi tersebut.

Digelarnya acara tersebut dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat guna mendapatkan dokumen administrasi kependudukan melalui penyerbarluasan berbagai ketentuan peraturan yang baru, berkaitan dengan kebijakan administrasi kependudukan.

Peserta kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan itu sendiri adalah para Sekretaris Kecamatan ataupun Kasi Pemerintahan yang berasal dari 18 kecamatan dalam wilayah Kabupaten OKI.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKI Drs. H. Anonius Leonardo, M.Si mengatakan, Kita berharap semua peserta sosialisasi agar mengikuti dengan sungguh-sungguh, guna diterapkan dalam pelayanan masyarakat, khususnya pelayanan administrasi kependudukan.

“Materi sosialisasi kebijakan kependudukan yang disampaikan pada kegiatan ini yaitu UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan,” kata Antonius.

Peraturan pelaksanaannya, kata Antonius lagi, yaitu Permendagri Nomor 96 Tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil serta Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

Sementara itu, Kadisdukcapil OKI H Hendri, SH MM mengatakan, kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kualitas dan percepatan pelayanan administrasi kependudukan yang professional, memenuhi standar teknologi informasi, dinamis, tertib dan tidak diskriminatif. “Dengan tujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan serta mewujudkan data base kependudukan yang valid berbasis teknologi. Agar dapat memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat,” ungkap Hendri.

Lanjut Hendri, Disdukcapil OKI sekarang menambah frekuensi pelayanan jemput bola perekaman KTP, pembuatan KK dan akta kelahiran. “Selain itu, juga memberikan pelayanan tatap muka one top service dan pelayanan secara online,” pungkas Hendri. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda