Wawako Sidimpuan Ajak Suseskan SP 2020

130

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar mengajak masyarakat, khususnya kalangan aparatur sipil negara (ASN) untuk turut serta mensukseskan sensus penduduk (SP) 2020.

“Kepada kita semua, kiranya ambil peran dalam mensukseskan SP 2020,” ajak Arwin, saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN), di halaman kantor walikota setempat, Senin (17/02/2020).

Dikatakannya, HKN kali ini bertepatan dengan agenda nasional melaksanakan SP 2020 yang dilakukan dalam dua periode. Yakni SP Online, yang dilakukan secara mandiri melalui website sensus.bps.go.id pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

“Sedangkan periode kedua ialah verifikasi dan pencacahan lapangan. Dimulai 1 Juli sampai dengan 31 Juli 2020 mendatang,” jelas Arwin.

SP 2020, menurut dia, dibutuhkan infut data dan informasi kependudukan dalam berbagai kegiatan. Sebab, data dan informasi dalam SP 2020 menjadi sesuatu yang urgen dan penting untuk dilakukan oleh semua masyarakat.

“Untuk itu, perlu sekali adanya sensus untuk pemutakhiran data menjadi satu data terpadu. Juga untuk perumusan kebijakan pemerintah guna perencanaan pembangunan kedepannya,” tutur wakil walikota.

Disamping itu, untuk mengahadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir ini, SP 2020 dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan menggunakan metode kombinasi.

“Metode SP 2020 tahun ini memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Dirjen Dukcapil sebagai dasar pendataan penduduk, ditambah memanfaatkan gadget sebagai proses pengumpul data,” tutup Arwin. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda