Warganya Disebut Terinfeksi Corona, Walikota Sidimpuan: Validasi Dulu

932
Walikota Sidimpuan Irsan Efendi Nasution saat sambangi Zainab di kediamannya.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Warga Kota Padangsidimpuan belakangan ini dibuat heboh dengan status yang berseliweran di laman media sosial. Disebutkan, kasus virus corona yang kini tengah menyebar di berbagai belahan dunia sudah sampai ke kota ini.

Adalah Zainab (37), yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri dikatakan terjangkit sebuah virus bernama coronavirus (Covid 19). Tidak sedikit dari warganet atau para pengguna sosial media meneruskan unggahan terkait isu penemuan Covid 19 yang samar-samar itu.

Guna menghindari situasi semakin riuh bahkan menjurus kepada  kecemasan tiada berdasar. Kamis (5/3/2020), Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menyambangi sekaligus memberikan keterangan pers di rumah warga yang sempat viral dijagat sosial medial itu.

“Saat ini beliau berkomunikasi dan berhadapan langsung dengan saya dan tidak ada masalah,” kata walikota seraya meminta masyarakat agar segera berhenti menyebarkan informasi yang menyesatkan dan mengakhiri kontroversi yang beredar di tengah-tengah masyarakat.

Walikota Irsan membenarkan, Zainab memang sempat dirujuk ke RSUP H. Adam Malik Medan. Namun dokter setempat mendiagnosa Zainab hanya menderita demam biasa, tidak seperti kondisi yang disampaikan di media sosial yang membuat resah seantero Padangsidimpuan.

“Beliau sudah sehat dan hanya butuh istirahat selepas melakukan perjalanan dari Sidimpuan ke Kota Medan, kemudian kembali pulang ke Kota Sidimpuan. Artinya, beliau negatif suspect corona. Mohon ke depan tidak ada sikap-sikap berlebihan dengan beliau,” pintanya.

Berangkat dari polemik itu, Irsan mengingatkan agar setiap orang bijak dalam bermedia sosial. Setiap orang diminta tidak sedemikian mudah mempercayai hingga menyebarkan informasi yang belum tervalidasi secara baik. Cek and ricek dari saluran berkompeten akan isu itu.

Sementara Zainab mengaku senang dikunjungi orang nomor satu di Pemkot Sidimpuan itu. Baginya, kunjungan tersebut mempunyai makna luas terhadap diri dan keluarganya. Di tengah kegamangan yang menghinggapi kehidupan mereka, sosok pemimpin hadir menenangkan.

“Terima kasih atas kunjungan dan semangat yang bapak berikan. Alhamdulillah, kondisi saya sehat walafiat, tidak seperti yang diisukan. Seharusnya isu itu tidak merebak kalau setiap orang bisa menghormati dan menjaga privasi pasien,” ujar Zainab didampingi Ali Siregar.

Sebelumnya, Zainab (37), warga Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Padangsidimpuan, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H. Adam Malik Medan, Selasa (3/3/2020) malam. Diberangkatkan atas dugaan suspect Covid 19.

Bermula dari merasa kondisi tubuhnya sedang tidak fit, Zainab kemudian memeriksakan diri ke salah satu klinik dokter di seputaran Silandit, Kota Padangsidimpuan. Dan oleh sang dokter yang memeriksa, Zainab dianjurkan melakukan pemeriksaan rontgen (ronsen).

Masih lagi Zainab melakukan rontgen, tiba-tiba di media sosial facebook tercipta kehebohan melalui postingan yang menyebutkan seorang warga Padangsidimpuan positif virus corona tengah dirawat di RSUD setempat. Postingan itu beredar cepat ke masyarakat. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda